Gubernur Kalbar Bahas Pembentukan Provinsi Kapuas Raya Bareng Stafsus Jokowi

Antar Daerah157 views

Pontianak, Inionline.id  Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji bersama Staf Khusus Presiden, Aminudin Ma’ruf, membahas rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya. Selain itu, sejumlah rencana pembangunan proyek strategis nasional di provinsi itu juga dibahas.

“Kedatangan saya ke Kalbar memang khusus untuk melakukan pertemuan dengan Bapak Gubernur guna membahas beberapa program pembangunan di Kalbar, termasuk rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya dari Kalbar,” kata Aminudin di Pontianak, Sabtu (21/11/2020).

Dia menjelaskan juga sudah mendengar terkait rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya tersebut, sehingga dia menghimpun berbagai masukan dan menggali informasi lebih jauh dengan datang langsung ke Kalbar.

“Selain pembentukan Kapuas Raya, saya dan Pak Gubernur membahas perkembangan potensi ekonomi yang harus dikembangkan di Kalbar, termasuk rencana pembangunan beberapa proyek strategis nasional, seperti Jembatan Kapuas II gandeng, pembangunan tol penghubung antardaerah, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Hasil diskusi tersebut, katanya, akan menjadi bahan masukannya untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. “Saya pikir, banyak yang harus dikembangkan di Kalbar sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah,” katanya.

Di tempat yang sama, Gubernur Kalbar Sutarmidji menyampaikan masyarakat Kalbar, khususnya kabupaten yang tergabung dalam rencana pembentukan Kapuas Raya, sangat berkeinginan agar provinsi baru tersebut bisa segera dibentuk.

“Saya rasa ini menjadi skala prioritas kita dan Pemprov Kalbar sangat serius untuk mendorong hal ini karena ini sudah lama diinginkan masyarakat,” kata Sutarmidji.

Dia berharap pemerintah pusat melalui Presiden RI bisa segera merealisasikan pembentukan provinsi baru tersebut untuk mempercepat pembangunan dan mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat.