by

FPI: Habib Rizieq Shihab Siap Dipanggil Polisi Asal Dasar Hukum Jelas

Inionline.id – Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyatakan imam besar mereka, Rizieq Shihab, bersedia dipanggil polisi untuk dimintai keterangan asal dengan dasar hukum yang jelas.

Hal itu ia sampaikan untuk merespons pihak Polda Metro Jaya yang mengatakan perlahan akan memanggil dan meminta keterangan Rizieq terkait kasus dugaan pelanggaran protokol pada pernikahan putrinya, di Petamburan, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

“Asal dasar hukumnya jelas dan tidak mengada-ada, Insyaallah [datang],” kata Aziz, Selasa (17/11).

Meskipun demikian, Aziz mempertanyakan tujuan pihak kepolisian memanggil Rizieq terkait acara tersebut. Ia menegaskan Rizieq tak memiliki keterkaitan dengan acara tersebut, karena bukan panitia maupun pengurus DPP FPI.

Lagian apa urusannya dengan beliau? Lucu polisi ini,” kata Aziz.

Selain itu, Aziz menegaskan pihaknya akan mempertanyakan kepada pihak kepolisian bila nantinya Rizieq dikaitkan dengan dugaan tindak pidana pelanggaran UU Kekarantinaan Kesehatan imbas kerumunan massa yang terjadi pada kegiatan di Petamburan itu.

Ia menegaskan dugaan pelanggaran itu masih prematur. Aziz mengklaim tak ada bukti hukum bila Rizieq melanggar UU Kekarantinaan Kesehatan.

“Harusnya kan ada terlebih dahulu dasar jelas timbul kedaruratan kesehatan masyarakat [KKM] itu,baru kemudian dilanjutkan dengan tindakan pemanggilan untuk klarifikasi dan semacamnya. Ini bukti hukum KKM aja tidak ada. Main panggil klarifikasi aja, dasarnya apa?” kata Aziz.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan perlahan akan memanggil dan meminta keterangan dari Imam Besar FPI Rizieq Shihab terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan pada pernikahan putrinya, di Petamburan, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

“Ini arah ke sini dulu, kita arahnya ke sini, jangan saya bilang kemarin mau ke Blok M, langsung loncat ke sana. Pelan-pelan ya,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat menjawab pertanyaan wartawan soal rencana meminta keterangan dari Rizieq, Selasa siang.