Bima Arya Ikut Bebersih Ciliwung, 2 Jam Mengangkut 2 Ton Sampah

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Wali Kota Bogor Bima Arya ikut dalam kegiatan Bebersih Ciliwung bersama Satgas Ciliwung Kota Bogor, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor dan warga di sempadan sungai Kelurahan Kedung Halang, Bogor Utara. Dalam kegiatan tersebut, terkumpul sampah yang berhasil diangkut sebanyak 150 karung atau sekitar 2 ton dalam waktu 2 jam.

“Ini kegiatan rutin Satgas Ciliwung Kota Bogor. Mereka kan tiap hari melakukan edukasi dan pemetaan Ciliwung ini. Jadi kedatangan saya ke sini selain ikut bersih-bersih Ciliwung, juga untuk memberikan dukungan dan motivasi. Sekalian mengingatkan para Lurah untuk jangan kendor,” ungkap Bima dalam keterangan tertulis, Minggu (29/11/2020).

“14 kelurahan di Kota Bogor kan dilalui Ciliwung. Jadi, aparatur wilayah harus konsisten terus, dibersihkan, edukasi warganya, kalau ada masalah dicarikan solusinya. Apalagi sekarang masih musim banjir,” tambahnya.

Selain bersih-bersih, juga dilakukan kegiatan menanam pohon di bibir sungai. Ia pun ikut menanam pohon alpukat.

“Kita lihat memang metode untuk mencegah longsor itu lebih tepat dengan vegetasi, dengan penanaman, daripada membangun bronjong, membangun turap, dan lain-lain. Lebih natural, lebih bagus. Ke depannya kita dorong lebih gencar lagi penanaman,” kata Bima.

Ia menyatakan, potensi yang bisa dikembangkan di titik ini adalah sebagai wahana edukasi bagi anak-anak. Supaya anak-anak lebih cinta terhadap lingkungannya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Bogor Deny Wismanto mengungkapkan dominasi sampah yang diangkut dalam kerja bakti tersebut adalah sampah rumah tangga.

“Tadi kami temukan selimut, styrofoam, bahkan popok bayi. Dua jam kami bebersih, terkumpul 150 karung sampah,” kata Deny.