by

4 Fraksi Menolak, DPR Menunda Pengambilan Keputusan RUU Ketahanan Keluarga

Inionline.id – Badan Legislasi (Baleg) DPR belum mengambil keputusan terhadap RUU Ketahanan Keluarga. Baleg menunda keputusan lantaran sikap fraksi di DPR masih imbang.

“Keputusan terhadap pengharmonisasian, pembualatan dan pemantapan konsepsi RUU Ketahanan Keluarga pengambilan keputusannya ditunda tidak dilakukan pada hari ini,” ujar Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi dalam rapat Baleg DPR, Rabu (18/11).

Politikus yang disapa Awiek ini menyebut hasil pandangan mini fraksi berakhir imbang. Empat fraksi menolak dan empat fraksi setuju dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

“Ada empat fraksi tidak sepakat untuk meneruskan ke tahap selanjutnya. Empat fraksi menerima, baik yang menerima secara bulat maupun menerima dengan catatan-catatannya. Dan satu fraksi minta pendalaman lagi,” kata dia.

Empat fraksi yang menolak berdasarkan catatan adalah PDIP, Golkar, PKB dan Demokrat. Empat fraksi yang menginginkan RUU Ketahanan Keluarga ke tingkat selanjutnya tidak bulat. Gerindra dan PKS menyatakan setuju. PAN dan PPP setuju dengan catatan.

Sementara, Fraksi NasDem masih belum menentukan sikap. NasDem menilai RUU Ketahanan Keluarga masih perlu pendalaman. Rapat sempat diskors untuk melakukan lobi. Setelah dicabut keputusan belum diambil. Fraksi NasDem meminta waktu untuk menentukan sikap.

“Setelah kami lakukan lobi-lobi politik dengan pimpinan fraksi-fraksi yang hadir bahwa untuk sementara waktu dari Fraksi NasDem masih meminta waktu, belum bisa mengambil keputusan hari ini dan kita hormati itu,” jelas Awiek.

Belum diketahui kapan pengambilan keputusan RUU Ketahanan Keluarga. Awiek mengatakan, Baleg memberikan kesempatan bagi pengusul untuk melakukan lobi.

“Nanti akan diberitahukan lebih lanjut setelah ada perkembangan terbaru. Kita putusan pelan-pelan, siapa tahu nanti anginnya berubah,” kata Awiek.