WHO: Vaksin COVID-19 Mungkin akan Siap di Akhir Tahun

Internasional057 views

Inionline.id  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada kemungkinan vaksin COVID-19 akan tersedia pada akhir tahun ini. Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyerukan solidaritas dan komitmen politik dari semua pemimpin negara untuk memastikan vaksin terbagi rata ketika tersedia.

“Kami butuh vaksin dan ada harapan akhir tahun ini sudah ada vaksin. Ada harapan, ” kata Tedros dalam sambutan penutup di pertemuan Dewan Eksekutif WHO, seperti dilansir Reuters, Selasa (7/10/2020).

Pada Selasa (6/10), regulator kesehatan Uni Eropa telah melakukan tinjauan terhadap vaksi COVID-19 yang dikembangkan oleh produsen obat AS Pfizer PFE.N dan BioNTech 22UAy.F Jerman. WHO akan memimpin pendistribusian 2 miliar dosis vaksin pada akhir tahun 2021.

Sebanyak 168 negara telah bergabung dengan fasilitas COVAX. Tapi, negara seperti China, Amerika Serikat, dan Rusia tidak termasuk dalam 168 negara itu.

“Khusus untuk vaksin dan produk lain yang sedang dalam proses pipeline, yang terpenting adalah komitmen politik dari pimpinan kita terutama dalam pemerataan distribusi vaksin,” kata Tedros.

“Kami membutuhkan satu sama lain, kami membutuhkan solidaritas dan kami perlu menggunakan semua energi yang kami miliki untuk melawan virus,” sambungnya.