Warga Kota Malang Bisa Menikmati Bioskop Lagi

Antar Daerah157 views

Malang, Inionline.id – Warga Kota Malang mulai besok sudah bisa menonton film di bioskop. Sinyal bioskop akan beroperasi kembali disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji usai melakukan tinjauan kesiapan tempat hiburan yang menerapkan protokol kesehatan.

Syarat dibukanya gedung bioskop akan disampaikan Pemerintah Kota Malang melalui surat resmi. Agar pengelola segera bisa memenuhi demi mencegah sebaran virus Corona.

“Untuk bioskop, insyaallah sudah sesuai protokol kesehatan. Hanya saja tadi, ada beberapa catatan yang nantinya akan kami kirimkan resmi melalui surat untuk dipenuhi,” kata Sutiaji di sela meninjau kesiapan mal dan bioskop, Senin (26/10/2020).

Menurut Sutiaji, pengelola bioskop harus menjalankan catatan yang dikirimkan oleh Pemerintah Kota Malang sebagai syarat utama kembali bisa beroperasi.

Salah satunya, tempat duduk wajib bergantian. Seperti penerapan ganjil-genap lapak pedagang yang berjualan di pasar tradisional.

“Tadi ada tambahan, tempat duduk perlu bergantian. Saran dari kita, kalau rolling enak. Ganjil-genap seperti di pasar. Untuk kapasitas sudah tentu 50 persen,” tutur Sutiaji.

Di luar syarat itu, Pemerintah Kota Malang juga meminta pengelola bioskop agar memasang air purifier yang memiliki fungsi membersihkan udara sebelum dihirup orang-orang di dalam bioskop.

“Akan kami rekomendasikan memang (dibuka). Selain ganjil genap, tempat duduknya 50 persen dan harus dilakukan sterilisasi dengan memakai air purifier dan sinar ultraviolet,” beber Sutiaji.

Upaya mencegah sebaran virus COVID-19 yang dilakukan pengelola juga diapresiasi oleh Pemerintah Kota Malang. Seperti tak menjual makanan untuk dikonsumsi dalam bioskop.

“Tadi juga sudah bagus tak menjual makanan, karena jika ada makanan pasti akan membuka masker di dalam biokop. Untuk transaksi bisa tanpa cash money, jika terpaksa harus pakai nampan,” tegas politisi dari Partai Demokrat ini.

Sutiaji memastikan Pemkot Malang segera akan mengeluarkan surat rekomendasi pembukaan bioskop. Dan memungkinkan bioskop sudah bisa beroperasi mulai besok.

“Segera akan kita kirimkan surat rekomendasinya, jadi besok sudah bisa tayang. Saya kira ini juga perlu untuk meningkatkan imunitas masyarakat,” tandasnya.

Sutiaji menambahkan, pembukaan akan berlaku bagi seluruh bioskop di Kota Malang. Bukan hanya bioskop yang ditinjau pada hari ini saja.

“Berlaku semua, tadi kita juga lihat kesiapan mal, kafe, dan hotel untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan menjelang libur panjang nanti. Karena dikhawatirkan ada lonjakan COVID-19,” pungkasnya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Malang meninjau kesiapan bioskop untuk bisa beroperasi kembali beberapa waktu yang lalu. Hasil sidak, Dinas Kesehatan meminta pengelola untuk memasang penyaring udara.

Sinyal kepastian bioskop dapat kembali buka telah diberikan pada waktu itu. Asal, penyaring udara dipasang oleh pengelola.