PWI dan SMSI Bakal Gelar Paparan Visi dan Misi Paslon Pilkada Tangsel

Antar Daerah057 views

Persatuan Wartawan Indonesia dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Tangerang Selatan mengambil bagian pada momen Pilkada Tangsel tahun 2020 ini.

Jelang pelaksaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, PWI dan SMSI Tangsel menggelar diskusi publik dengan mengusung tema “Penyampaian Visi dan Misi Calon Walikota Tangsel”.

Ketua panitia penyelenggara Ahmad Eko Nursanto mengatakan, saat ini sudah beberapa calon yang ditetapkan KPU maju pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Oleh karena itu, agenda pada Rabu (14/10/2020) kami akan menggelar penyampaian visi-misi kandidat,” kata Eko, Senin (12/10).

Lebih lanjut Eko menyebutkan, acara itu juga sekaligus ingin mengetahui isi gagasan, ide dan program kerja setiap kandidat. Bukan saja Paslon, diacara juga turut menghadirkan 3 orang panelis yang terdiri dari Pengamat Politik, Akademisi dan Tokoh Pres Nasional.

“Kita berharap dengan terlibatnya PWI dan SMSI dalam momen pilkada ini, bisa memberikan edukasi kepada masyarakat untuk pentingnya partispasi masyarakat dalam pilkada, orang Tangsel No Golput,” ujarnya.

Eko juga menyampaikan, secara teknis dalam diskusi akan ada dua sesi, sesi pertama adalah pemaparan visi misi kandidat. Selanjutnya, pada sesi kedua adalah Panelis akan bertanya kepada calon kandidat.

Namun, kata Eko, ketika kandidat calon kepala daerah menjawab pertanyaan Panelis, lalu panelis tidak diperkenankan menjawab kembali jawaban kandidat calon kepala daerah.

“Pada sesi pertama Kandidat akan memaparkan visi misi. Selanjutnya Panelis memberikan pertanyaan ke kandidat calon kepala daerah. Ketika calon menjawab pertanyaan panelis, Panelis tidak diperkenankan menjawab atau menegaskan kembali apa yang sudah disampaikan kandidat,” ujarnya.

Eko menegaskan, pada acara pemaparan visi misi tersebut, para pendukung calon kepala daerah tidak diperkenankan hadir. Nantinya, kata Eko, panitia sudah menyediakan akun zoom untuk para pendukung pasangan calon.

“Kita larang pendukung calon untuk hadir. Kami sediakan akun zoom meeting bagi pendukung calon dan dibagikan ke setiap paslon. Mereka bisa menonton di posko kemenangan masing-masing pasangan calon,” tegasnya.

Pada pemaparan visi misi calon Kepala Daerah, Kata Eko, PWI dan SMSI akan menerapkan Protokol Kesehatan bagi pasangan calon yang akan hadir pada saat pemaparan visi dan misi paslon.

“Kita juga menerapkan Prokes saat gelar pemaparan visi misi Paslon,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Tangsel Junaidi mengatakan, Pers berperan aktif memberikan edukasi kemasyarakat tentang bagaimana ikut perannya dalam memilih pemimpin dimasa pandemi Covid-19.

“Saya berharap yang dilaksanakan nanti bisa dihadiri oleh para paslon dan mengikuti prokes dan saya sarankan pendukung nonton via zoom dan nobar di posko masing-masing pasangan calon,” ujarnya.

Sementara, Ketua SMSI Tangsel, Abi Jumaedi mengatakan, acara merupakan bagian peran pers dalam mencerdaskan bangsa. “Kita insan pers harus turut andil berpartisipasi dalam demokrasi. Sesuai amanah UU Pers, kita mesti mencerdaskan bangsa, tentunya dengan memberikan informasi yang baik,” pungkasnya.