Mulai 4 Oktober Umroh Dibuka, Jamaah Bisa Umroh Dua Kali Setelah 14 Hari

Internasional057 views

Inionline.id – Pemerintah Arab Saudi mengatur jarak umroh jamaah antara satu dengan yang lain adalah 14 hari. Artinya, jamaah bisa melakukan umroh kedua setelah 14 hari dari umroh pertama.

Menurut Kepala Perencana dan Petugas Strategi Kementerian Dr Amr Al Maddah aturan tersebut dilakukan demi menjamin kesehatan para jamaah. Sebab, umroh sendiri akan dibuka secara bertahap mulai 4 Oktober 2020.

“Jamaah bisa umroh dua kali. Tapi harus menunggu 14 hari sebelum umroh kedua kalinya, untuk memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menunaikan umroh sejalan dengan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk pandemi virus corona,” ujar Al Maddah dikutip dari Arab News.

Adapun, para jamaah umroh harus mendaftar dan mengajukan jadwal umroh terlebih dahulu di aplikasi Eatmarna. Setelah disetujui baru jamaah bisa berkumpul di titik yang telah ditentukan.

Setelah menjalani umroh yang pertama, jamaah yang telah mendaftar di jadwal kedua akan menjalani penilaian komprehensif. Kemudian, bila setujui jamaah boleh melakukan umroh untuk kedua kalinya.

Hingga saat ini, Al Maddah mengatakan sudah ada 35.000 permintaan untuk pelaksanaan umroh. Nantinya, para jamaah harus mengikuti prosedur kesehatan COVID-19 yang ketat.

Setiap harinya akan ada 6 waktu pelaksanaan umroh dengan masing-masing waktu umroh bagi jamaah 3 jam. Hanya saja, tidak diperbolehkan melaksanakan umroh di antara waktu magrib karena menjadi durasi untuk penyemprotan didesinfektan.