Huawei Mate 40 Bakal Dirilis 22 Oktober, Penasaran?

Iptek057 views

Inionline.id – Huawei akhirnya mengumumkan secara resmi jadwal peluncuran smartphone terbarunya, yakni Mate 40. CEO Consumer Business Huawei dan Executive Director Huawei, Richard Yu, yang mengumumkan kabar itu lewat kanal Weibo.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (12/10), pengumuman smartphone ini akan dilakukan pada 22 Oktober 2020. Adapun jadwal peluncuran global ini adalah pukul 14.00 waktu Eropa atau sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam pengumuman yang ditampilkan lewat sebuah video pendek, Huawei sekilas menampilkan mata manusia. Namun belum diketahui apakah penampilan itu berhubungan dengan fitur yang ada di Mate 40 nantinya.

Untuk diketahui, informasi seputar smartphone ini memang sudah ramai muncul di internet. Baru-baru ini, ada video singkat berisi hands-on Mate 40 Pro.

Berdasarkan video tersebut, Huawei Mate 40 Pro memiliki layar dengan desain sedikit melengkung di sisi kanan dan kiri, serta punch hole di bagian atas. Selain itu, ada tombol power berwarna merah di samping tombol volume.

Seri Huawei Mate 40 juga disebut akan debut dengan menggunakan chipset Kirin 9000. Selain itu, kamera pada smartphone ini diprediksi memiliki desain melingkar di bagian belakang.

Smartphone Chipset Kirin Terakhir

Di sisi lain, Richard Yu, President of the Huawei Consumer Business Group juga mengatakan, Mate 40 akan menggunakan prosesor terbaru HiSilicon Kirin.

Mate 40 akan menjadi smartphone terakhir Huawei yang menggunakan chipset Kirin setelah 15 September 2020, sebagaimana dikutip dari laman XDA Developers, Minggu (9/8).

Pernyataan ini merupakan lanjutan dari pemblokiran Amerika Serikat yang melarang semua produsen chip semikonduktor yang menggunakan teknologi peralatan pembuatan chip, kekayaan intelektual, atau perangkat lunak desain AS harus mengajukan izin sebelum mengirimkan chip ke Huawei.

Karena hal tersebut, TSMC, selaku pembuat prosesor Kirin pun terpaksa harus menghentikan proses produksi dan rantai suplai untuk smartphone baru Huawei, karena proses produksi TSMC menggunakan peralatan dari perusahaan AS seperti Lam Research dan Applied Materials.