by

Dua Smartphone Entry Level Andalan Redmi, Pilih Mana?

Inionline.id – Vendor smartphone asal Tiongkok Xiaomi beberapa waktu lalu memperkenalkan Redmi 9C untuk pasar Tanah Air. Smartphone ini melengkapi segmen entry-level bersama Redmi 9A yang diperkenalkan bulan lalu.

Seperti diketahui, kedua smartphone ini hadir menyasar pasar entry-level. Harga keduanya pun sebenarnya tidak terpaut jauh, sekitar Rp 200 ribu untuk varian dengan RAM dan memori internal yang sama.

Lantas apa perbedaan dari dua model smartphone anyar tersebut? Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, Redmi 9C sebenarnya merupakan peningkatan dari Redmi 9A.

Hal itu dapat dilihat dari kamera dan chipset yang digunakan. “Salah satu yang terlihat adalah Redmi 9C memiliki tiga kamera, bukan satu seperti 9A,” tuturnya saat konferensi pers virtual yang diikuti Tekno Liputan6.com.

Selain itu, chipset yang digunakan di Redmi 9C juga lebih tinggi dari Redmi 9A. Sebab, Redmi 9C menggunakan MediaTek Helio G35, sedangkan Redmi 9A menggunakan MediaTek Helio G25. Dengan dua hal itu, keduanya pun disebut membidik target pasar berbeda.

Redmi 9A ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan perangkat entry level terbaik, sedangkan Redmi 9C ditujukan untuk generasi muda yang menginginkan performa dan kamera lebih.

Alvin juga menjelaskan keputusan Xiaomi menghadirkan dua model perangkat di kelas 1,5 jutaan ini bukan tanpa alasan. Dia menuturkan pasar smartphone entry level akan meningkat pada saat pandemi hingga setelahnya.

Alasannya, ada perubahan pola dari konsumen yang biasnya membeli smartphone Rp 2 jutaan, lalu membeli model dengan harga di bawahnya. Hal itu yang membuat pasar smartphone di kisaran Rp 1 jutaan ini akan membesar.

“Untuk itu, Redmi 9A dan Redmi 9C menjadi opsi terbaik bagi konsumen di entry level. Terlebih, di segmen ini perbedaan harga Rp 200 ribuan itu akan sangat berarti,” ujarnya menjelaskan.

Spesifikasi dan Harga Redmi 9C

Soal spesifikasi, Redmi 9C memiliki layar berukuran 6,53 inci dengan desain Dot Drop atau lebih dikenal sebagai waterdrop notch. Redmi 9C mempunyai resolusi layar 720×1600 HD+. Soal dapur pacu, perangkat ini dibekali MediaTek Helio G35. Sebagai penunjang performa, ada baterai berkapasitas 5.000mAh.

Lantas, berapa harga Redmi 9C di Indonesia? Varian RAM 3GB/ROM 32GB akan dijual Rp 1.499.000, sedangkan varian RAM 4GB dan ROM 64GB dibanderol Rp 1.649.000. Tertarik?