5 Tips Mencegah Baterai Smartphone Panas Agar Tak Berisiko Meledak

Iptek157 views

Inionline.id – Smartphone meledak adalah hal yang cukup sering terjadi. Meski hal ini seringkali terjadi karena kesalahan pabrikan, namun kesalahan dalam penggunaan juga seringkali jadi pemicu hal ini terjadi.

Meledaknya ponsel pun sangat erat kaitannya dengan baterai dan cara kita memperlakukannya. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menghindari ponsel meledak?

Berikut cara cegah baterai smartphone menjadi panas dan berisiko meledak.

1. Isi Daya dengan Benar

Pertama, yang paling ideal adalah menggunakan charger yang disediakan oleh vendor ponsel yang Anda miliki alias charger orisinil.

Jangan lupa untuk melepas kabel saat ponsel selesai diisi. Apabila ponsel kepanasan maka dapat mengakibatkan korslet yang dapat berujuk pada ledakan.

2. Letakkan Ponsel di Tempat yang Aman Ketika Mengisi Daya

Kadang kala orang-orang sering begitu kecanduan dengan ponsel mereka, sampai-sampai ada yang sering menggunakannya di kasur sebelum tidur.

Bahkan saat mereka tertidur pun, ponselnya malah diletakkan di kasur. Yang berbahaya adalah saat memainkan atau menaruh ponsel di kasur sementara ponsel sedang tersambung kabel untuk mengisi daya.

Pada tahun 2017 silam, seorang ibu hamil terluka saat ponsel Samsung Galaxy S5 miliknya meledak ketika diisi daya di dekat kasurnya.

Meski telapak tangan korban terkena luka bakar yang cukup parah, beruntung nyawa sang ibu dan kandungannya selamat.

3. Jangan Mengecas Berlebihan

Ponsel yang kepanasan juga dapat memicu ledakan. Salah satu cara untuk mengantisipasi hal ini, selain mencegah pengisian daya yang berlebih, adalah melepas lapisan ponsel agar ponsel dapat mendingin.

Hal yang sama dapat Anda lakukan saat bermain gim, apabila ponsel mulai terasa panas, letakkan dulu ponsel Anda agar tidak kepanasan.

 

4. Hindari Tekanan Pada Ponsel

Ponsel yang terjatuh dapat mengakibatkan kerusakan sehingga mengakibatkan korslet, apalagi bila kualitas baterainya tidak baik. Ternyata selain karena terjatuh, ponsel yang posisinya tergencet karena diduduki juga dapat mengakibatkan baterai menjadi bocor yang berakibatkan ledakan ponsel.

 

5. Bila Ada Kasus Ponsel yang Anda Beli Meledak, Lebih Baik Ganti yang Baru

Ketika Anda mendengar kabar bahwa ada orang lain yang ponselnya meledak, dan ternyata ponsel yang meledak tersebut adalah ponsel yang satu tipe dengan yang Anda miliki, maka ada baiknya bila langsung mberganti dengan ponsel baru.