by

4 Keinginan Jokowi yang Disampaikan ke Menlu AS Mike Pompeo

Inionline.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lewat pertemuan itu, Jokowi menyampaikan empat pesan.

Pompeo tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10) pukul 11.00 WIB kemarin. Jokowi dan Pompeo sama-sama mengenakan masker dan jas.

Berikut adalah empat pesan Jokowi untuk Pompeo yang disampaikan dalam pertemuan kemarin, disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi:

1. Ingin jadi true friend

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan persahabatan. Indonesia ingin bermitra dengan baik. Syaratnya adalah upaya yang serius mewujudkan pemahaman satu sama lain dan terwujud konkret.

“Di dalam pertemuan tadi, presiden mengatakan bahwa kita bermitra dengan baik, kita berteman dengan baik, Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia, tapi hal ini tidak bisa take it for granted,” ujar Menlu RI Retno dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (29/10/2020).

Berikut adalah keinginan Jokowi selanjutnya:

2. Ingin perpanjangan GSP

Menjadi teman sejati tidak bisa ‘take it for granted’. Ada syaratnya. Jokowi berpesan ke Pompeo agar Indonesia mendapatkan perpanjangan kebijakan perdagangan berupa pemotongan bea masuk impor. Kebijakan ini dikenal sebagai Generalized System of Preferences (GSP).

“Presiden menekankan bahwa Indonesia ingin melihat kerja sama ekonomi kedua negara meningkat di masa yang akan datang, termasuk tentunya harapan terhadap perpanjangan GSP facilities kepada Indonesia,” kata Retno.

3. Ingin Peningkatan kerja sama pertahanan

Indonesia dan AS, lewat pertemuan Jokowi dan Pompeo, membicarakan kerjasama di bidang pertahanan. Jokowi berpesan ke Pompeo agar kerjasama ini ditingkatkan.

“Presiden juga menginginkan agar kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat meningkat,” sebut Retno.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard 'Mike' Pompeo kembali lakukan lawatan ke Indonesia. Ia pun disambut hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard ‘Mike’ Pompeo kembali lakukan lawatan ke Indonesia. Ia pun disambut hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor. Foto: dok. Setpres RI/Muchlis Jr

4. Ingin AS paham kepentingan negara muslim dan ASEAN

Jokowi ingin AS memahami kepentingan negara-negara berkembang serta negara-negara muslim. Jokowi juga mendorong AS bersama negara di Asia Tenggara (ASEAN) mewujudkan stabilitas di kawasan.

“Presiden juga menyampaikan ingin melihat Amerika memahami kepentingan negara berkembang dan presiden juga menekankan ingin Amerika memahami kepentingan negara-negara Muslim. Selain itu, presiden juga mengatakan bahwa Indonesia ingin bahwa Amerika juga memahami Asia Tenggara dan bersama dengan negara-negara Asia Tenggara mewujudkan perdamaian stabilitas dan kerja sama di kawasan,” ujar Retno.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard 'Mike' Pompeo kembali lakukan lawatan ke Indonesia. Ia pun disambut hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard ‘Mike’ Pompeo kembali lakukan lawatan ke Indonesia. Ia pun disambut hangat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor. Foto: dok. Setpres RI/Rusman