Rektor IPB: Di Tengah Pandemi Sektor Pertanian Tumbuh Positif

Pendidikan157 views

Inionline.id – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University menyebut sektor pertanian tumbuh positif di tengah pandemi virus korona (covid-19). Sektor pertanian dapat menjadi stimulus ekonomi.

“IPB telah melakukan kajian, adanya temuan pertanian adalah sektor yang positif di era disrupsi covid-19,” ujar Arif dalam Dies Natalis IPB ke-57 secara virtual, Selasa, 1 September 2020.

Arif percaya kondisi perekonomian Tanah Air bergerak ke arah positif. Terlebih, saat ini masyarakat akan mendapatkan stimulus ekonomi dari pemerintah. Skenario ini bakal membangkitkan ekonomi Indonesia.

“Kalau stimulus berjalan baik, maka ekonomi akan tumbuh menjadi minus 0,06 persen dan dengan skenario yang lain akan bisa tumbuh minus 0,027 persen pada triwulan ketiga. Berarti ada optimisme dari kondisi sekarang yang minus lima persen,” jelas Arif.

Kalkulasi ini semakin membuat Arif yakin pertanian juga turut bertumbuh positif. Sektor pertanian baik tanaman pangan, sayuran, perikanan, komunitas ekspor makanan olahan akan menghidupkan gairah ekonomi.

“Ini bisa kita lakukan jika stimulus yang dilakukan ini selaras dengan yang kita inginkan,” sambung Arif.

Dari penelitiannya, hasil peternakan merupakan yang paling berpengaruh saat ini. Ada peningkatan permintaan produk makanan beku dari peternakan dan perikanan.

“Kemudian permintaan sayuran, buah dan tanaman biofarmaka juga mengalami peningkatan permintaan. Begitu juga dari makanan olahan dari sektor pertanian juga mengalami peningkatan permintaan menjadi bahan makanan olahan,” beber Arif.