Pelajar di OKU Mengikuti PJJ Melalui Radio

Pendidikan157 views

Inionline.id – Para pelajar di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) tanpa harus menggunakan telepon genggam, yakni melalui siaran radio.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah mengatakan pihaknya mengeluarkan terobosan yang memungkinkan para peserta didik tetap bisa mengikuti PJJ meskipun tidak memiliki handphone Android.

“Dalam hal ini Disdik OKU bekerja sama dengan Radio Sukses yang merupakan radio pemerintah daerah. Hasilnya PJJ dapat berjalan baik,” kata Teddy, Selasa, 8 September 2020.

Menurut dia, sistem ini menjadi salah satu cara dalam mengatasi kesulitan akses internet. Pola ini diyakini bisa jadi solusi bagi orang tua siswa yang tak memiliki telpon pintar.

Dia mengemukakan program mengajar melalui siaran radio sudah berjalan hampir 1,5 bulan. Siswa mendengarkan materi pelajaran dari guru melalui radio.

Menurut dia, sejauh ini pembelajaran melalui siaran radio tersebut mendapat respons yang baik dari orang tua dan siswa di wilayah itu.

“Jadi, selain belajar daring, pembelajaran melalui siaran radio ini juga dapat dilakukan oleh siswa di tengah pandemi covid-19,” ujarnya.