Melbourne Mulai Melonggarkan Lockdown, Sekolah Buka Bulan Depan

Internasional057 views

Inionline.id – Kota terbesar kedua di Australia, Melbourne mulai melonggarkan pembatasan lockdown yang diberlakukan setelah lonjakan kasus virus Corona. Pelonggaran ini memungkinkan sebagian besar anak kembali ke sekolah mulai bulan depan.

Dilansir Associated Press, Minggu (27/9/2020) kebijakan pelonggaran ini juga akan membuat 125.000 orang lebih kembali bekerja.

Melbourne dan wilayah sekitarnya dari pedesaan negara bagian Victoria ditempatkan di bawah penguncian “Level 4” yang ketat pada 2 Agustus. Melbourne menutup sekolah dan bisnis yang tidak penting. Jam malam diberlakukan dan pertemuan publik dilarang.

Pembatasan itu dijadwalkan untuk dilonggarkan pada hari Minggu (27/9) jika rata-rata infeksi baru selama 14 hari berkisar antara 30 dan 50 kasus. Dengan 12 infeksi baru dilaporkan Sabtu dan 16 pada Minggu, rata-rata 14 hari turun menjadi 22,1.

Hal itu memungkinkan Perdana Menteri negara bagian Victoria Daniel Andrews untuk mengonfirmasi jam malam pukul 9 malam – 5 pagi akan dicabut dari jam 5 pagi Senin (28/9) waktu setempat, meskipun penduduk masih tidak dapat melakukan perjalanan lebih dari 5 kilometer (3,1 mil) dari rumah. Pertemuan publik hingga lima orang dari maksimal dua rumah tangga akan diizinkan.

Pelonggaran lebih lanjut dapat dilakukan pada 19 Oktober jika rata-rata turun di bawah lima kasus baru per hari. Masker tetap wajib.

Andrews mengatakan ada 399 kasus aktif di Victoria, pertama kali jumlahnya turun di bawah 400 sejak 30 Juni.

“Ini adalah salah satu ukuran di antara banyak kinerja luar biasa dari komunitas Victoria – tetap terpisah tetapi tetap bersatu, memastikan bahwa kita mengalahkan gelombang kedua ini,” kata Andrews.