Masjid di Dago Dirusak, DMI Berbicara Manajemen Keamanan-Hak Geledah

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Seorang pria merusak sebuah masjid di wilayah Dago, Bandung, Jawa Barat. Menanggapi hal tersebut, Dewan Masjid Indonesia (DMI) berbicara mengenai manajemen keamanan masjid.

Sekjen DMI, Imam Addaruqutni mengatakan setiap masjid perlu memperhatikan sektor keamanan. Menurutnya, setiap orang yang memasuki masjid harus digeledah.

“Misalnya begini kalau orang masuk Istana, itu rumah negara ya, dia digeledah, dia harus memperlihatkan apa yang (ada) dalam tasnya. Maka pada saat ini masjid-masjid juga punya hak geledah itu karena itu lebih dari sekedar rumah negara, itu rumah Tuhan, Baitullah,” ujar Imam ketika dihubungi, Rabu (23/9/2020).

Menurutnya, hak geledah mesti diterapkan demi keamanan dalam beribadah. Selain itu jalur pintu masuk masjid mesti dibedakan dengan pintu keluar masjid.

“Itu jadi manajemen keamanan harus mesti dirancang dengan menerapkan hak geledah atau masuk dari satu pintu dan keluar dari pintu lainnya,” lanjutnya.

Selain itu, Imam turut menyinggung pentingnya CCTV di masjid. CCTV, kata Imam, harus dipasang di titik yang strategis agar dapat merekam seluruh aktivitas di dalam maupun bagian luar masjid.

“CCTV juga sudah cukup membantu karena pemasangan CCTV itu juga benar-benar harus punya pemasangan strategis, efektif, dan juga transparan. Karena semua orang juga harus sadar lingkungan dan juga sadar hukum dan juga kepatuhan itu,” Imbuh Imam.

Imam turut menyesalkan adanya peristiwa perusakan tersebut. Tindakan pelaku, kata Imam, merupakan aksi melecehkan agama.

“Itu (perbuatan) melawan Tuhan, itu maksiat kepada Tuhan, termasuk juga maksiat kepada agama, melecehkan agama,” tutupnya.

Insiden perusakan itu berlangsung di Masjid Nurul Jamil, Jalan Bukit Dago Selatan, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Rabu (23/9/2020) pagi, sekitar pukul 06.00 WIB. Pria berinisial DB itu melempari bangunan yang merupakan masjid dan kantor sekretariat masjid dengan batu.

Akibat pelemparan itu ada tiga titik kerusakan di kaca bangunan. Pelaku berhasil diamankan warga dan diserahkan ke kepolisian setempat.