by

Mahfud MD: Saat Pilkada Mungkin akan Ada TPS Keliling

Inionline.id – Menko Polhukam Mahfud MD menggelar rapat koordinasi Pilkada serentak 2020 bersama para Sekjen partai politik. Dalam pertemuan itu dibahas wacana pengetatan pemungutan suara saat pilkada. Muncul juga wacana tempat pemungutan suara keliling (TPS).

“Pertimbangan pengetatan pemungutan suara, mungkin akan ada juga TPS keliling,” kata Mahfud dalam video Kemenko Polhukam, Selasa (22/9).

Terkait kampanye, pemerintah memutuskan agar lebih fokus dilakukan secara daring untuk mencegah kerumunan massa. “Diharapkan agar kampanye bisa lebih banyak dilakukan daring, displin gunakan masker, cuci pakai sabun, jaga jarak,” ucapnya.

Mahfud mengingatkan agar Sekjen partai politik menyampaikan kepada semua kader sampai kader tingkat terkecil agar mematuhi protokol kesehatan. Dia menyebut Parpol dan Sekjen memiliki pengaruh besar untuk mempengaruhi pendukung.

“Parpol punya peran besar, sekjen parpol punya pengaruh besar. Yang arahkan para pengurus di daerah,” ucapnya.

Selain itu, akan ada perubahan PKPU khusus membahas sanksi bagi pembuat kerumunan saat Pilkada. “Akan dilakukan perubahan PKPU antara lain akan mempertimbangakn kerumunana juga akan ada revisi PKPU,” tandasnya.