by

Kunci dari Ekonomi Positif Kuartal IV: Kelas Menengah dan Vaksin

Inionline.id – Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyebut ekonomi RI bisa tumbuh positif pada kuartal IV tahun ini apabila kelas menengah membelanjakan uang mereka dan percepatan ketersediaan vaksin corona.

Diketahui, ekonomi RI kemungkinan besar masuk jurang resesi pada kuartal ketiga setelah diperkirakan terkontraksi atau minus 2,9 persen sampai 1,1 persen. Pada kuartal kedua lalu, ekonomi RI terkontraksi 5,32 persen.

“Kelas menengah baru kita ini ada 50 juta, dan uang mereka saat ini ada. Tetapi, tidak berani dibelanjakan. Tetapi, ketika sudah normal, kelas menengah ini akan menjadi motor penggerak,” ujar Sarman, mengutip Antara, Senin (28/9) malam.

Memang, ia melanjutkan, daya beli masyarakat akan semakin lemah ketika ekonomi memasuki fase resesi. Namun, harapan muncul dari belanja kelas menengah.

Harapan ini, kata Sarman, dapat terealisasi hanya jika pemerintah mempercepat ketersediaan vaksin covid-19.

Pasalnya, kehadiran vaksin corona tidak hanya membangun psikologis positif dari masyarakat dan pengusaha, tetapi juga tingkat kepercayaan dan optimisme yang dapat menggairahkan pasar.

Apalagi, ada momentum natal dan tahun baru pada kuartal IV yang diharapkan bisa memicu daya beli masyarakat kelas menengah dan upaya pemerintah menggeser cuti bersama Idul Fitri ke akhir tahun.

“Kalau kita mampu menekan covid-19 ini melalui penyediaan vaksin, setidaknya pada November bisa normal kembali dan aktivitas usaha sudah berjalan. Kami memiliki keyakinan kuartal IV bisa tumbuh positif walaupun mungkin hanya 0,1 persen-1 persen,” imbuh Sarman.