by

KPU Mencatat 687 Calon Kepala Daerah Mendaftar di Pilkada 2020

Inionline.id – Pendaftaran calon kepala daerah Pilkada serentak 2020 telah selesai. Ketua KPU Arief Budiman mengungkap, jumlah bakal pasangan calon kepala daerah mencapai 687 pasangan berdasarkan data masuk hingga Minggu (6/9) pukul 24.00.

“Jumlah bapaslon yang diterima pendaftarannya berdasarkan data yang dihimpun melalui sistem informasi pencalonan hingga pukul 24.00 sebanyak 687 bakal pasangan calon,” ujar Arief saat konferensi pers, Senin (7/9) dini hari.

Arief merincikan, bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak 22 pasangan. Jumlah bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati tercatat 570 pasangan. Bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota sebanyak 95 pasangan.

Arief melanjutkan, bakal calon laki-laki sebanyak 1.233 dan perempuan sebanyak 141. Bakal calon kepala daerah yang diusulkan partai politik sebanyak 626 pasangan. Sementara, calon independen alias perseorangan sebanyak 61 pasangan.

Dia mengatakan, data tersebut dapat dipantau melalui laman infopemilu.kpu.go.id. Arief menegaskan, data ini akan terus diperbarui. Hingga Minggu (6/9) pukul 24.00, baru mencatat data dari 21 provinsi. Data ini akan terus diperbarui setiap setengah jam.

“Perlu saya tegaskan sekali lagi data ini kami dapatkan sampai dengan pukul 24.00. Data ini akan terus terupdate,” ucapnya.

KPU akan Buka Pendaftaran Kembali

Arief menambahkan, pihaknya akan membuka kembali pendaftaran apabila masih terdapat daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang baru diisi oleh satu Bapaslon.

“Terhadap daerah yang hanya terdapat satu bakal pasangan calon, sebagaimana dilaporkan KPU provinsi atau kota, terdapat daerah yang masih ada satu bapaslon. Ini belum final. Karena daerah yang hanya terdapat 1 bapaslon, KPU akan membuka pendaftaran kembali,” katanya.

“Jadi bisa setelah pembukaan pendaftaran kembali bisa tetap atau bisa juga berubah (angka bakal calon). Finalnya tentu kita akan tunggu sampai penetapan pasangan calon nanti,” pungkasnya.