Kesal Disela Terus-terusan di Debat Capres AS, Biden Menyebut Trump Badut

Internasional057 views

Inionline.id – Calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan penantangnya, Joe Biden, telah memulai debat capres di Cleveland, Ohio. Biden memulai debat dengan menyebut Trump badut.

Dilansir Associated Press, Rabu (30/9/2020), mulanya Trump beberapa kali menyela Biden pada beberapa kesempatan. Biden kemudian menyebut presiden itu badut dan pembohong.

Ketika diskusi tentang Mahkamah Agung dengan cepat beralih ke COVID-19, Trump mengklaim tanpa bukti bahwa 2 juta orang akan mati jika Biden menjadi presiden.

Moderator Chris Wallace pun meminta kepada Trump dan menyatakan bahwa COVID-19 akan dibahas nanti. Dia kemudian bertanya kepada Trump tentang apakah dia memiliki rencana untuk menggantikan Undang-Undang Perawatan Terjangkau, dan presiden berkata, “Pertama-tama, saya kira saya memperdebatkan Anda, bukan dia, tapi tidak apa-apa. Saya tidak terkejut.”

Biden menertawakan serangan Trump. Namun, beberapa kali juga dia terlihat kesal.

“Begini kesepakatannya, faktanya semua yang dia katakan sejauh ini hanyalah kebohongan,” kata Biden. “Saya di sini bukan untuk mengungkapkan kebohongannya. Semua orang tahu dia pembohong,” cetusnya.

Wallace meminta Trump untuk membiarkan Biden menyelesaikan perkataannya. Kemudian, Biden mengejek Trump sebagai badut.

“Teman-teman, apakah kamu tahu apa yang badut ini lakukan?” cetus Biden.

Untuk diketahui, debat perdana ini digelar di Case Western Reserve University, Cleveland, pada Selasa (29/9) malam waktu setempat atau Rabu (30/9) pagi waktu Indonesia. Sejumlah pembatasan, termasuk pembatasan jumlah penonton, diterapkan untuk menghindari penyebaran virus Corona.