by

iPhone 12 Hanya Akan Membawa Layar 60Hz

Inionline.id – Kita sudah mendengar banyak sekali rumor terntang layar 120Hz di iPhone generasi terbaru yang rilis tahun ini yakni iPhone 12 Series. Bahkan laporan terbaru yang muncul tak seberapa lama yang lalu, menyebut bahwa varian Pro dari iPhone terbaru ini akan mengusung layar 120Hz.

Namun hal itu nampaknya hanya kabar burung semata. Karena dari apa yang dikutip Phone Arena dari pembocor professional Jon Prsser, Apple kini sudah melakukan produksi masal, dan dalam produksinya Apple hanya memanfaatkan layar 60Hz standar yang telah kita gunakan selama ini.

Sang pembocor menyebut bahwa Apple sebenarnya sudah memiliki ide untuk mengaplikasikan kecepatan refresh layar 120Hz. Namun, Apple tak kunjung menemukan IC Driver yang jadi komponen penting fitur tersebut.

Apple juga sempat beralih untuk menggunakan IC Driver 60-96Hz, namun ide tersebut langsung ditinggalkan, karena mungkin tidak cocok dengan pandangan Apple.

Pengguna sendiri, berdasarkan survei yang dilakukan oleh retailer smartphone di AS, menyebut bahwa paling banyak pengguna menginginkan adanya koneksi 5G dan juga perubahan desain yang lebih ringkas. Sementara kecepatan layar, bukanlah prioritas mereka.

Apple sendiri telah memantapkan tanggal untuk merilis gadget pada tanggal 15 September nanti. Meski demikian, diprediksi bahwa Apple belum akan memperkenalkan iPhone baru. Alih-alih, generasi selanjutnya smartphone Apple tersebut akan diumumkan 13 Oktober.

Belum Ganti Desain

Meskipun permintaan pengguna soal perubahan desain sudah memuncak, nampaknya Apple tidak akan berganti desain di tahun ini.

Berdasarkan orang dalam industri layar Ross Young, iPhone 13 tahun depan akan meninggalkan konsep notch yang telah identik dengan iPhone sejak 2017 lalu. Dilaporkan tahun depan iPhone akan membawa lubang layar sebagai pengganti notch.

Jika benar, hal ini akan membuat layar iPhone jadi makin lega tanpa adanya poni yang kerap mengganggu di bagian atas layar.

Terlebih lagi, dengan mengandalkan lubang layar, iPhone tak akan lagi membawa FaceID. Sebagai gantinya, Apple akan menyematkan pemindai sidik jari bawah layar. Semua fitur ini belum akan ada di iPhone 12.