by

Ini 5 Makanan untuk Dikonsumsi ketika Kamu Mengalami Masalah Tekanan Darah Rendah

Inionline.id – Bukan hanya tekanan darah tinggi saja yang bisa menimbulkan masalah pada diri seseorang. Kondisi tekanan darah rendah atau hypotensi juga bisa menjadi masalah terutama karena menurunnya tekanan darah secara mendadak.

Tekanan darah normal milik seseorang berada antara 90/60 dan 120/80 mm Hg. Tekanan darah rendah ini terjadi ketika jumlahnya berada di bawah 90/60 mm Hg.

Kondisi tekanan darah rendah ini bisa menyebabkan gejala seperti melayang, rasa lemas, mual, serta pandangan memburam. Jika kondisi ini disertai detak jantung sangat cepat, napas yang pendek, serta kulit yang pucat dan dingin, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Tekanan darah rendah bisa diakibatkan berbagai macam hal termasuk dehidrasi, perubahan pola makan, olahraga berlebih, anemia, stres, tiroid, gula darah rendah, serta hilangnya banyak darah. Konsumsi makanan dan minuman secara tepat bisa menjadi cara mencegah masalah ini.

Minum air lebih banyak dan membatasi alkohol merupakan hal yang penting ketika tekanan darah menurun. Konsumsi makanan terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab tekanan darah sehingga penting untuk diawasi.

Konsumsi sejumlah makanan tertentu bisa membantu mencegah dan mengatasi masalah tekanan darah rendah ini. Dilansir dari the Health Site, berikut sejumlah makanan yang penting dikonsumsi ketika kamu memiliki tekanan darah rendah.

Makanan Tinggi Vitamin B-12

Kurangnya vitamin B-12 bisa berujung anemia yang selanjutnya menurunkan tekanan darah dan menyebabkan kelelahan. Konsumsi lebih banyak makanan dengan kandungan B-12 seperti telur, sereal, dan daing bisa membantu mencegah masalah ini.

Makanan Tinggi Folat

Kurangnya folat juga bisa menjadi penyebab anemia. Konsumsi makanan tinggi folat seperti asparagus, polong-polongan, kacang lentil, jeruk, sayuran berdaun hijau, telur, dan hati bisa menjadi pilihan mencegah masalah ini.

Teh Licorice

Penelitian yang diterbitkan pada British Medical Journal mengungkap bahwa konsumsi teh licorice bisa membantu. Hal ini bisa menurunkan efek aldosterone, formon yang membantu membatasi dampak dari garam terhadap tubuh.

Makanan Asin

Konsumsi lebih banyak makanan dengan rasa asin bisa membantu meningkatkan tekanan darah. Makanan ini bisa diperoleh dari berbagai sumber. Disarankan untuk mengonsumsi zaitun karena tak hanya terasa asin saja namun juga kaya vitamin E, zat besi, dan tembaga.

Minuman Berkafein

Konsumsi kafein bisa meningkatkan tekanan darah secara sekejap. Hal ini bisa menstimulasi sistem kardiovaskular dan meningkatkan detak jantung.

Sejumlah makanan tersebut bisa membantu dalam mengatasi tekanan darah rendah. Untuk mencegah serta mengatasi masalah tersebut, berbagai makanan dan minuman tersebut bisa kamu konsumsi.