Akibat Corona Presiden ke-13 India Pranab Mukherjee Meninggal

Internasional157 views

Inionline.id – Presiden ke-13 India Pranab Mukherjee meninggal dunia. Mukherjee, 84 tahun, meninggal dunia usai sebelumnya dinyatakan terinfeksi virus Corona (COVID-19).

Dilansir dari Reuters, Selasa (1/9/2020), rumah sakit di New Delhi tempat Mukherjee dirawat menyatakan bahwa kondisi kesehatan Mukherjee sudah menurun sejak hari Minggu (30/8). Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Mukherjee.

“Dia telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada pembangunan bangsa kita,” ujar Modi lewat akun Twitter.

Dilansir dari Times of India, Mukherjee pada tanggal 10 Agustus lalu mengonfirmasi dirinya positif virus Corona. Mukherjee saat itu sudah menjalani tes swab di rumah sakit.

“Saat berkunjung ke rumah sakit untuk prosedur terpisah, saya dinyatakan positif COVID19 hari ini. Saya meminta orang-orang yang melakukan kontak dengan saya minggu lalu, untuk mengisolasi diri dan menjalani tes COVID-19. #CitizenMukherjee,” tulis Mukherjee di akun Twitter tanggal 10 Agustus.

Mukherjee adalah politikus veteran yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri dan keuangan pada pemerintahan sebelumnya yang dipimpin oleh partai Kongres, yang sekarang menjadi oposisi.

Mukherjee menjabat sebagai presiden India periode 2012-2017. Usai tidak menjabat sebagai presiden India, posisinya digantikan Ram Nath Kovind.