WHO Akan Meninjau Data Keamanan Vaksin Corona Buatan Rusia

Internasional057 views

Inionline.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan meninjau vaksin Corona buatan Rusia. WHO mengatakan setiap cap persetujuan WHO pada kandidat vaksin COVID-19 akan memerlukan tinjauan data keamanan yang ketat.

Seperti dilansir AFP, Rabu (12/8/2020), Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin Corona yang diklaim menawarkan “kekebalan berkelanjutan” terhadap virus Corona.

“Kami berhubungan erat dengan otoritas kesehatan Rusia dan diskusi sedang berlangsung sehubungan dengan kemungkinan prakualifikasi vaksin dari WHO,” kata juru bicara WHO Tarik Jasarevic.

“Prakualifikasi vaksin apa pun mencakup peninjauan dan penilaian yang cermat atas semua data keamanan dan kemanjuran yang diperlukan,” katanya kepada wartawan di Jenewa pada jumpa pers online.

Vaksin Sputnik V Rusia telah dikembangkan oleh lembaga penelitian Gamaleya berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan negara itu.

Saat ini sebanyak 168 calon vaksin sedang dikembangkan di seluruh dunia, menurut tinjauan WHO yang diterbitkan Selasa (11/8).

Dari jumlah tersebut, 28 calon vaksin telah berkembang ke berbagai fase pengujian pada manusia, enam di antaranya adalah yang terjauh di depan, setelah mencapai fase 3 uji klinis.

Kandidat vaksin Gamaleya, yang termasuk di antara 28 vaksin yang sedang dalam evaluasi klinis, terdaftar hanya di Fase 1.

Kirill Dmitriev, kepala Dana Investasi Langsung Rusia yang mendanai proyek vaksin, mengatakan uji coba Fase 3 akan dimulai pada Rabu (12/8), produksi industri diharapkan mulai September dan bahwa 20 negara telah memesan lebih dari satu miliar dosis.

“Setiap negara memiliki badan pengatur nasional yang menyetujui penggunaan vaksin atau obat-obatan di wilayahnya,” jelas Jasarevic.

“WHO sudah melakukan proses prakualifikasi untuk vaksin tetapi juga untuk obat-obatan. Produsen meminta agar prakualifikasi WHO sudah ada karena itu semacam cap kualitas,” imbuhnya.