by

Seiring Bertambahnya Usia 8 Makanan ini yang Perlu Ditambah Konsumsinya

Inionline.id – Kesehatan seseorang sangat ditentukan oleh usianya. Semakin tua seseorang, maka jumlah makanan sehat yang perlu dikonsumsinya akan terus bertambah.

Asupan nutrisi yang tepat seiring usia ini mungkin merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan baik. Hal ini juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Pada usia-30an, sejumlah penurunan sudah bakal tampak pada tubuh seseorang. Penurunan ini bakal terus terjadi semakin bertambahnya usia.

Sejak usia ini, nutrisi sehat yang tepat sudah mulai harus menjadi perhatian ekstra bagi seseorang. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah makanan sehat yang perlu dikonsumsi seiring bertambahnya usia.

Blueberry dan Sayur

sayur

Blueberry

Sama seperti buah beri lainnya, blueberry mengandung berbagai zat antioksidan. Kandungan vitamin E dan C pada buah ini bermanfaat untuk menjaga agar sel tubuh tetap sehat, mencegah kanker, menguatkan jantung, hingga mendukung kesehatan kehamilan yang sedang kamu jalani.

Sayuran Kaya Serat

Sertakan sayuran tinggi serat dalam makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Pasalnya, serat membantu mencegah atau meringankan penderitaan karena sembelit, menurunkan kolesterol, mencegah peradangan, serta menyehatkan liver.

Ikan dan Minyak Zaitun

minyak zaitun

Ikan

Ikan, khususnya ikan berlemak sehat seperti salmon, makarel, atau sarden sangatlah berguna untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Konsumsi setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk emndapat manfaat luar biasa ini.

Minyak Zaitun

Jika biasanya kamu memasak dengan minyak biasa, ganti dengan minyak zaitun yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, mengurangi asupan kolesterol jahat pada tubuh sangat penting dilakukan.

yogurt dan Tomat

tomat

Yogurt

Seiring dengan bertambahnya usia, risiko peningkatan keropos tulang makin bertambah. Yogurt yang kaya kalsium sangatlah berguna untuk mencegah masalah ini.

Tomat

Tomat memiliki kandungan tinggi likopen, zat alami yang membantu melindungimu dari risiko kanker prostat hingga kanker paru-paru. Baik dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau dibuat saus, tomat tetap memberikan manfaat sehat yang sama.

Brokoli dan Kacang

kacang

Brokoli

Brokoli sarat dengan vitamin, mineral, zat antioksidan, serta serat yang memberikan banyak manfaat sehat. Konsumsi sayuran ini menjadi sebuah hal yang diperlukan tubuh seiring bertambahnya usia.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak omega 3, serat, dan protein yang memenuhi unsur gizi untuk menyehatkan jantung. Sehingga jika kamu ingin punya tubuh yang lebih sehat, coba ganti cemilanmu dengan kacang almond, kacang mete, hazelnut, kacang tanah, atau kacang kenari.

Konsumsi makanan sehat ini merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, seiring bertambahnya waktu, perbanyak konsumsi sejumlah makanan ini.