by

Mega Meminta Calon Kepala Daerah dari PDIP Tak Berpengalaman Ikut Sekolah Partai

Inionline.id – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menilai, calon pemimpin daerah seharusnya memiliki pengalaman tata kelola pemerintahan. Karena itu, menurutnya, seharusnya para calon kepala daerah memiliki pengalaman legislatif di DPRD atau DPR.

Hal itu disampaikan Megawati saat memberikan arahan kepada 75 calon kepala daerah yang diberikan rekomendasi tahap ketiga secara virtual, Selasa (11/8).

“Pembelajaran paling utama dalam mau menjadi orang yang masuk pemerintahan sebenarnya tata caranya harusnya masuk ke DPRD II atau I lalu ke DPR,” kata Megawati.

Dia mengatakan demikian karena ada beberapa calon kepala daerah yang belum berpengalaman sudah maju di Pilkada.

“Kalian yang belum pernah. Ada ini mungkin karena hanya pemimpin yang kokoh, terkenal, dan sebagainya itu belum pernah masuk dalam proses politik,” kata Megawati.

Dia berkaca pada pengalaman sendiri. Kunci menjadi pemimpin sukses adalah memahami tata kelola pemerintahan. Pengalaman di legislatif dibutuhkan.

Karena itu, Megawati mendorong para calon kepala daerah yang belum paham tata pemerintahan harus belajar. Salah satu caranya dengan mengikuti sekolah kepartaian yang digelar PDIP untuk bakal calon kepala daerah.

“Karena kita sangat berambisi kita langsung tidak tahu urusan tata pemerintahan nah untuk itu belajarlah dengan segera, belajar dengan keras,” kata Presiden Kelima RI itu.

Jangan Ribut Sama Pasangan

Megawati juga berpesan, jika sudah terpilih menjadi kepala daerah jangan ribut dengan pasangannya sendiri. Dia mengatakan sering terjadi kepala daerah dengan wakilnya tidak harmonis.

“Entah bagaimana apa yang bupatinya apa wakil bupatinya atau sebaliknya antara kedua ini bukannya bekerja sama dengan solid tetapi sudah mulai pecah,” ucapnya.