Ketua MPR Meminta Pembukaan Sekolah Diputuskan Secara Cermat

Pendidikan057 views

Inionline.id – Ketua MPR Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar mengingatkan Dinas Pendidikan daerah untuk cermat dalam memutuskan pembukaan sekolah di zona kuning dan hijau. Pasalnya, zonasi tidak menjamin daerah tersebut aman dari persebaran virus korona.

“Mengingat zonasi risiko covid-19 melalui warna merah, kuning, maupun hijau sama sekali tidak menjamin suatu daerah tersebut dinyatakan aman dari persebaran covid-19,” kata Bamsoet, di Jakarta, Senin, 24 Agustus 2020.

Lebih lanjut, Bamsoet menyampaikan, sebelum kembali membuka sekolah Dinas Pendidikan harus memperhatikan dan menganalisa peta persebaran covid-19 di daerahnya. Sehingga, nantinya dari hasil analisa tersebut bisa diambil keputusan yang tepat, membuka sekolah atau menunda.

“Mendorong pemerintah dalam hal ini Kemendikbud melalui Disdikbud daerah terus memantau dan memperhatikan peta persebaran covid-19 di setiap daerah,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyoroti banyaknya guru di Surabaya yang positif virus covid-19. Tercatat ada 137 guru yang positif covid-19.

Terkait hal tersebut, Bamsoet mendorong Kemendikbud meminta kepada Dinas Pendidikan Surabaya untuk mempertimbangkan kondisi daerahnya dan memperhatikan usulan dari tim penanganan covid-19. Serta lebih cermat dalam mengambil kebijakan di tengah pandemi.

“Seperti dengan memberlakukan Work From Home (WFH) bagi para guru sebagai upaya melindungi serta menjamin keselamatan para tenaga pengajar di masa pandemi,” jelas Bamsoet.