by

Ini 4 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh Pria dari Melakukan Yoga

Inionline.id – Walau sudah banyak yang tahu bahwa yoga bisa memberi manfaat kesehatan, namun tak banyak pria yang mau melakukannya. Selama ini, yoga lebih identik sebagai hal yang lebih banyak dilakukan wanita.

Padahal sesungguhnya, menurut Dr. Lisa Blum, PT, DPT, CYT dari Shift Wellness, yoga awalnya hanya dilakukan oleh pria. Hal ini meliputi asana (postur), pranayama (teknik pernapasan), serta meditasi.

Yoga bisa dianggap sebagai cara meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan sembari menenangkan pikiran. Pikiran feminin dari praktik ini baru muncul ketika yoga dilakukan dan berkembang akhir-akhir ini.

Pada saat ini ketika kita tak bisa berolahraga di gym, yoga sebenarnya merupakan olahraga yang tepat untuk dilakukan pria di rumah. Dilansir dari Men’s Health, berikut sejumlah dampak sehat yang bisa diperoleh pria dari melakukan yoga.

Meningkatkan Mobilitas dan Fleksibilitas

Pria biasanya fokus melakukan olahraga kekuatan atau daya tahan seperti berlari, mengangkat beban, dan bersepeda. Walau sejumlah olahraga ini baik bagi otot, tulang, dan jantung, namun gerakan repetitif ini bisa menyebabkan rasa tegang. Yoga bisa menjadi cara untuk meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas dari tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Kewaspadaan Diri

diri

Meningkatkan kepaswadaan diri bisa menjadi cara untuk mencegah terjadinya cedera. Ketika melakukan yoga seseorang dituntut melakukan berbagai pose berbeda alam posut yang tepat.

Perhatian terhadap gerakan ini bisa membuatmu menyadari kekuatan atau kemampuan tubuh saat berolahraga. Hal ini bisa meningkatkan keseimbangan tubuh dalam membagi beban dan menurunkan kemungkinan tubuh cedera.

Memperkuat Otot yang Menstabilkan

Ketika berolahraga, banyak pria menggunakan peralatan dan dumbell untuk fokus dalam membangun kekuatan di kelompok otot yang lebih besar dan terlihat. Sayangnya, banyak orang yang melewatkan untuk melakukannya pada bagian otot yang berfungsi menstabilkan tubuh.

Ketidakimbangan otot ini bisa membuat tubuh menjadi berisiko cedera. Pose yoga melibatkan bacak gerakkan mentabilkan inti tubuh dan otot bagian dalam yang tidak tersentuh oleh alat olahraga.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit penyebab utama kematian pada pria. Meditasi serta pengaturan pernapasan yang dilakukan pada toga diketahui bisa menurunkan detak jantung, tekanan darah, serta tingkat kortisol pada tubuh yang semuanya bisa berdampak pada kesehatan jantung.

Sejumlah manfaa tersebut menandakan bahwa yoga seharunya juga mulai dilakukan oleh pria. Hal ini bisa menjadi variasi bentuk olahraga yang kamu lakukan.