by

Anggota DPRD Jabar Ingatkan Keluarga Sebagai Gerbang Awal Kehidupan Berbangsa

Bogor, Inionline.id – Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat fraksi Partai keadilan Sejahtera (PKS), Iwan Suryawan menghadiri talkshow di MGS TV, Jalan Suryakencana, Kota Bogor pada Senin (31/08/2020).

Dalam gelaran talkshow tersebut, Iwan menyampaikan pentingnya keluarga sebagai gerbang awal hidup berbangsa dan memperkuat nilai-nilai 4 pilar kebangsaan.

“Sekarang ini kita harus membangun semuanya dari keluarga, karena penanaman dari situlah orang-orang yang akan keluar itu berangkatnya dari keluarga, ketika penanamannya tidak kuat maka di luar bisa kurang baik sikapnya,” ujar Iwan.

Miniatur negara adalah keluarga, maka dari itu pengutan karakter seseorang semuanya berangkat dari keluarga dan akan menjadikan  penerapan 4 pilar masih akan panjang masanya.

Iwan pun mengkritisi pemerintah yang dianggap kurang menyebarkan input informasi yang  seharusnya pengambil kebijakan mempunyai kemampuan yang kuat untuk mengedukasi masyarakatnya.

“Padahal bisa jadi anak-anak muda sekarang belum tahu secara mendalam nilai-nilai 4 pilar kebangsaan, makannya DPRD provinsi mereview lagi untuk para pemuda agar lebih memahami 4 pilar kebangsaan,” tutur Iwan.

Ketika penyebaran informasi itu hanya sepintas, maka akibatnya pemuda lebih tertarik ke internet, dirinya pun menegaskan bahwa pemuda harus memahami tujuan bernegara yang harus dicontohkan oleh para orang tua termasuk pemerintah,maka akan mudah dicerna oleh para pemuda-pemudi.

“Yang harus dibangun dulu pertama adalah pembangunan diri terlebih dahulu, ketika kesadaran tumbuh akan masuk ke keluarga,  kadang ada ego yang bisa dijadikan alat, tapi dengan memililiki kesadaran semua hal bisa di musyawarahkan, nilai-nilai tersebut semuanya sudah termaktub di dalam nilai-nilai kebangsaan,” imbuh Iwan.

Hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran 4 pilar harus tumbuh kembali dalam waktu dewasa ini adalah kita harus menyadari kalau kita warga Indonesia yang harus mengikuti aturan-aturan di Indonesia.

“Termasuk nilai-nilai kebaikan yang harus diramu menjadi satu, kedua kita harus mengurangi kesenjangan dan saling membantu sesama yang membutuhkan apalagi di masa covid19 saat ini,” pungkas Iwan. (JC)