by

Ada Messi, Barcelona Mungkin Masih Bisa Juara Liga Champions

Inionline.id – Barcelona memang sedang kurang sip. Eks pemain top Brasil Sylvinho enggan mencoret Barcelona dari bursa juara Liga Champions karena masih punya Lionel Messi.

Barcelona gagal juara di tiga dari empat kompetisi yang diikuti pada 2019/2020. Di Piala Super Spanyol, Barcelona terhenti di semifinal sedangkan di Copa del Rey mereka kandas lebih awal saat tumbang di babak delapan besar. Yang teranyar, Barcelona disalip Real Madrid usai lockdown sehingga mesti merelakan trofi juara LaLiga.

Tidak sedikit yang menganggap bahwa penurunan performa Barcelona disebabkan karena kurangnya dukungan terhadap Lionel Messi. Sang megabintang sukses membuat 25 gol dan 21 assist di liga saja, atau total 30 gol dan 25 assist dalam 42 penampilan di secara keseluruhan.

Torehan Messi di atas penyerang-penyerang Barcelona lain semisal Luis Suarez yang membukukan 19 gol dan 12 assist, serta Antoine Griezmann yang cuma mengemas 15 gol dan empat assist.

Dengan kondisi semacam ini, tidak heran apabila Barcelona kurang dijagokan juara Eropa. Pasalnya tim-tim top yang lebih konsisten macam Bayern Munich, Paris St. Germain, dan Madrid masih bertahan.

Sylvinho pernah berbagi ruang ganti Barcelona bersama Messi selama lima musim. Dalam wawancaranya dengan the Guardian, Sylvinho meyakini Messi sekali lagi akan mampu mendongkrak performa timnya.

“Dia tidak banyak omong: datang, latihan, pulang ke rumah, punya sebuah keluarga yang hebat yang mendukung dia. Kami bisa melihat ada sesuatu di sana, wow. Dia itu beda,” ucap pemilik tiga medali juara LaLiga dan dua Liga Champions itu, saat mengenang kesannya terhadap Messi.

“Tapi saya akan berbohong apabila saya bilang kalau kami berpikir: ‘Bocah ini akan memenangi enam Ballon d’Or’. Saya tidak pernah melihat seorang pemain seperti dia sebelumnya. Dia menguasai bola, gocek, gocek, gocek, gol. ‘Selesai, mari pulang.’

“Messi memang memiliki sebuah musim yang buruk dan dia mencetak 25 gol. Barcelona memang kesulitan tapi Messi adalah mucho Messi dan mereka masih bisa memenangi Liga Champions,” kata Sylvinho.