Tolak Omnibus Law, Siang Ini Massa Buruh Demo di Depan DPR

Berita157 views

Inionline.id – Sejumlah aliansi buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh bersama Rakyat (Gebrak) akan menggelar aksi protes di depan DPR RI, Jakarta Pusat hari ini. Para buruh menuntut agar DPR menghentikan pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja (Ciptaker) yang dinilai cacat prosedur dan bermasalah dalam substansi.

Juru Bicara aksi Gebrak, Ilhamsyah mengklaim ada belasan ribu orang akan mengepung Gedung DPR RI. Aksi kali ini, kata dia, akan bertepatan dengan sidang Paripurna DPR.

“Aksi damai ini merupakan peringatan bagi pemerintah dan wakil rakyat agar mendengar dan melihat penderitaan rakyat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan jadi korban pembiaran perampasan tanah di mana-mana. Kami ingin pemerintah fokus atasi Covid-19 dan memastikan perlindungan kesejahteraan, menegakkan keadilan, serta menghormati demokrasi,” kata Ilham kepada wartawan, Rabu (15/7/2020).

Ilham mengatakan massa akan datang ke titik kumpul yang sudah ditentukan pada pukul 10.00 WIB. Kemudian, kata dia, massa akan melakukan longmarch ke depan DPR.

“Kita akan mulai berkumpul mulai jam 10.00 WIB di Taman Ria Senayan, dan jam 11.00 WIB akan longmarch ke depan pintu gerbang DPR,” ucap Ilham.

Dia menyatakan dalam aksi ini protokol kesehatan akan diterapkan untuk menghindari penularan COVID-19. Menurutnya, panitia aksi sudah menyiapkan masker bagi massa yang datang tanpa masker.

“Kita mengingatkan kepada semua peserta aksi untuk menjaga protokol, dalam artian semua wajib memakai masker, panitia juga menyediakan masker bagi yang tidak memakai masker. Kita menerapkan physcal distancing agar kawan-kawan tetap menjaga jarak satu sama lain,” pungkasnya.