Satgas Pemulihan Ekonomi akan Petakan Sektor Terdampak Corona

Ekonomi057 views

Inionline.id – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin mengaku bakal mengidentifikasi sektor-sektor usaha yang paling terdampak pandemi virus corona. Hal ini dilakukan untuk menentukan program ekonomi yang harus dibuat dalam memperbaiki perekonomian domestik.

“Ke depannya Pak Menteri (Menteri BUMN Erick Thohir) sudah memberikan arahan agar kami bisa mengidentifikasi sektor-sektor mana yang memang pertumbuhannya paling terkena dampak, kami nanti akan berdiskusi dengan semua pemangku kepentingan,” ungkap Budi dalam video conference, Senin (20/7).

Pemangku kepentingan yang dimaksud Budi mulai dari sektor swasta, pemerintah daerah (pemda), pemerintah pusat, dan kementerian/lembaga (k/l). Masing-masing pihak akan dimintai pendapat dalam menyusun program perekonomian jangka panjang.

“Kami akan susun program-program prioritas dengan tajam untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia,” terang Budi.

Ia bilang salah satu program yang pasti akan dilanjutkan adalah bantuan sosial (bansos). Lalu, program padat karya yang dilakukan tiap kementerian juga akan dilanjutkan.

“Program-program yang menjaga pendapatan baik itu pekerja formal maupun informal akan terus kami jalankan. Kami akan terus menggali ide bagaimana bisa meningkatkan pendapatan negara,” kata Budi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan program yang dibuat di sektor ekonomi dan kesehatan nantinya akan dilaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Setelah itu, pihaknya juga akan melaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Hari ini kami telah mendapat arahan langsung membuat rapat internal di mana kami harapkan besok sudah ada garis besarnya, sehingga besok malam atau Rabu kami bisa sampaikan ke Pak Menko Perekonomian,” jelas Erick.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Erick untuk menjadi ketua pelaksana tim penanganan pandemi virus corona dan pemulihan ekonomi nasional. Pembentukan tim ini tercantum dalam peraturan presiden (pp).

Airlangga bilang Erick akan melakukan koordinasi antara satuan tugas penanganan virus corona yang diketuai oleh Doni Monardo dan satuan tugas baru terkait pemulihan ekonomi nasional yang dipimpin Budi.

“Pak Erick sebagai yang mengkoordinasikan ketua satgas perekonomian dan ketua satgas penanganan virus corona,” kata Airlangga.

Airlangga bilang tim ini secara keseluruhan bertugas memantau perkembangan ekonomi, program ekonomi jangka panjang, perkembangan kasus virus corona, ketersediaan peralatan tes, dan perkembangan vaksin.