Pesan Jokowi-Ma’ruf di Momen Hari Anak Nasional Saat Pandemi Corona

Nasional157 views

Inionline.id – Hari Anak Nasional 2020 kali ini berbeda dari tahun sebelumnya ķarena diperingati di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anak-anak Indonesia.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984, Hari Anak Nasional Indonesia diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan Hari Anak Nasional ini memiliki makna untuk tanda kepedulian seluruh bangsa terhadap optimalnya tumbuh kembang anak.

Pemerintah juga membuat program untuk mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam melindungi anak sehingga dapat melahirkan generasi bangsa yang tidak hanya sehat tetapi juga cerdas dan berakhlak mulia.

Hari Anak Nasional berbeda dengan Hari Anak Internasional. Hari Anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda di setiap negara. Untuk Hari Anak Internasional ditetapkan setiap tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal jatuh pada tanggal 20 November.

Pada Hari Anak Nasional yang jatuh hari Kamis 23 Juli 2020 ini, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan dan pesannya di Hari Anak Nasional. Ucapan Hari Anak Nasional disampaikan Jokowi melalui akun media sosialnya seperti Twitter dan Instagram, Kamis (23/7/2020).

Jokowi mengunggah dua ilustrasi anak-anak dengan tulisan ‘Selamat Hari Anak Nasional. Presiden Joko Widodo’.

“Lebih 70 juta anak Indonesia merasakan dampak pandemi Covid-19. Mereka tak bebas bermain bersama kawan sebaya, dan sebagian harus belajar dari rumah,” kata Jokowi.

Jokowi berpesan agar anak-anak harus terlindungi. Dia menegaskan anak-anak adalah harapan kemajuan Indonesia.

“Mereka harus terlindungi. Di pundak anak-anak ini, terpanggul harapan akan Indonesia maju,” ucap Jokowi.

“Selamat Hari Anak Nasional 2020,” tutur Jokowi.

Dalam kesempatan terpisah, Wapres Ma’ruf Amin meminta kepada anak-anak Indonesia tetap semangat menempuh pendidikan. Ma’ruf juga berpesan agar seluruh anak tidak putus asa belajar di rumah di masa pandemi virus corona COVID-19 ini

“Meskipun kurang nyaman, bukan berarti harus bersedih dan berputus asa,” kata Ma’ruf dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/7/2020).

Ma’ruf menilai momen hari anak nasional menjadi momen bagi setiap anak untuk saling melindungi sehingga mencegah potensi penularan virus corona.

“Justru inilah saatnya, anak-anak Indonesia, untuk saling menjaga satu sama lain agar tidak tertular COVID-19, sehingga wabah ini dapat segera berakhir,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf pun mengimbau anak Indonesia untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Sementara, kepada para pendidik dan orang tua, Ma’ruf mengingatkan untuk tidak lengah dalam membimbing.

“Bimbinglah mereka agar tetap menjadi anak-anak Indonesia yang cerdas, sehat, dan gembira. Selamat Hari Anak Nasional,” ujarnya.