Kolaborasi Anggota DPRD Jawa Barat Dengan Sahabat Tani Farm Perkuat Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor

Ekonomi157 views

Bogor, Inionline.Id – Peran anggota dewan kepada masyarakat tampaknya saat ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, hal tersebut dibuktikan dengan aksi nyata Anggota DPRD provinsi Jawa Barat, Erni Sugiyanti S.Ag yang berkolaborasi dengan mahasiswa Universitas Djuanda dari fakultas pertanian untuk melakukan kegiatan pertanian di wilayah Kabupaten Bogor.

Kelompok tani mahasiswa Djuanda yang menamai diri mereka Sahabat Tani Farm ini lebih fokus kepada tanaman hijau untuk ketahanan pangan masyarakat. Adit Hidayat selaku ketua Sahabat Tani Farm mengatakan bahwa kolaborasi dengan anggota DPRD Jawa Barat berasal dari inisiatif para mahasiswa dan sarjana lulusan Universitas Djuanda untuk memberdayakan dan mengangkat petani-petani sekitar lahan untuk bisa bekerjasama serta mewadahi para mahasiswa dan sarjana yang sudah lulus kuliah khususnya dibidang pertanian agar memiliki karya dan usaha.

“Luas lahan sekarang sekitar 7000 meter dan budidaya sayuran di ketimun, terong ungu, pakcoy, kangkung, serta tumpangsari, dan kedepannya kami ingin adanya peternakan dan perikanan,” ujar Adit kepada Inionline.Id pada Senin (13/07/2020).

Pada periode awal pendirian Sahabat Tani Farm ini, Adit bersama rekan-rekannya sempat kebingungan terkait masalah permodalan, berkat kedekatan mereka dengan Erni Sugiyanti melalui advokasinya selaku anggota komisi III DPRD Jawa Barat, Sahabat Tani Farm mendapatkan suntikan modal dari bank BJB untuk memulai kegiatan usaha tani mereka.

“Kami pun mengambil petani-petani sekitar yang ada di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, ada bapak-bapak, ada juga ibu-ibu yang membantu proses pertanian kita, total dalam struktur Sahabat Tani sementara ini ada 6 orang dan petani di lapangan juga 6 orang,” imbuh Adit.

Proses distribusi dan pemasaran mereka saat ini masih fokus dikerjakan sendiri dengan memenuhi permintaan dari pasar-pasar yang terdekat terlebih dulu, mereka pun memiliki misi kedepan untuk merambah pemasaran di wilayah perhotelan di Kabupaten maupun Kota Bogor.

“Kita berharap sebagai lulusan fakultas pertanian usaha ini bisa juga bersinergi dengan pihak pemerintah, dilihat dari semangat-semangat mahasiswa yang ingin membantu ketahanan pangan serta para petani dan buruh di sekitar sini bisa kita ajak sehingga kesejahteraan mereka juga meningkat,” pungkas Adit.

Erni Sugiyanti menjelaskan bahwa saat ini proses pembukaan lahan serta penanaman bibit masih berjalan dan dirinya pun hanya membantu  memfasilitasi para mahasiswa Djuanda fakultas pertanian ini agar mereka kerja nyata membuat lahan pertanian dan perikanan sesuai ilmu mereka.

“Mereka siap untuk pengembangan di lahan terbuka sayuran , seperti timun, kangkung, dan terong panjang.
Insyallah kita coba buat tiap hari bisa di panen kebetulan permintaan pasar juga sudah dapat, saat ini saya ikut melakukan pengawasan,” tutur Erni.

Legislator asal daerah pemilihan Jabar VI (Kabupaten Bogor) ini pun berharap mereka tetap memiliki kegiatan yang produktif di masa pandemi ini. Kemudian ketika mereka selesai kuliah strata 1 nya dan mulai bekerja, mereka sudah terampil dan percaya diri untuk membangun ekonominya sendiri dengan ilmu yang mereka punya. (JC)