by

Keunikan Gunung Pelangi Ala Daghlar di Iran

Inionline.id – Kalau menyebut gunung warna-warni, mungkin nama pertama yang terlintas di benak banyak orang adalah Zhangye Danxia yang ada di China. Namun sebenarnya masih ada negara lain di Asia yang memiliki keindahan alam serupa, yaitu Ala Daghlar.

Ala Daghlar atau disebut juga Aladaglar berlokasi di Provinsi Azerbaijan Timur, Iran. Dilansir Iran Front Page, gunung cantik ini berjarak sekitar 25 kilometer di timur laut Tabriz, wilayah Iran bagian barat laut.

gunung tabriz iran
©Tasnim News Agency/Mojtaba Esmaeil Zadeh

Gunung yang berada di dekat kota Khajeh ini merupakan fenomena alam yang tak biasa. Namun namanya jarang didengar wisatawan, tak seperti Zhangye Danxia dan Painted Hills yang jauh lebih populer.

Meskipun namanya belum mendunia, Ala Daghlar menjadi tujuan wisata favorit bagi para fotografer. Biasanya mereka mengunjungi tempat ini pada musim panas. Karena pada saat itulah warna-warna Ala Daghlar bisa diabadikan dalam kondisi terbaiknya.

Perbukitan Warna Tembaga, Merah, Kuning, Hijau, dan Jingga

ala daghlar iran
©Tasnim News Agency/Mojtaba Esmaeil Zadeh

Nama Ala Daghlar berasal dari bahasa Azeri yang dituturkan oleh penduduk Azerbaijan. Dilansir Hipersia, gunung pelangi ini menampilkan aneka warna yang mencolok. Wisatawan yang melewati Tabriz atau Zanjan bisa menyaksikan perbukitan dalam nuansa warna tembaga, merah, kuning, hijau, dan jingga.

Belum diketahui penyebab terbentuknya gunung pelangi Ala Daghlar. Jika menilik Zhangye Danxia di China, warna-warni pegunungan di sana terbentuk akibat oksidasi dan tekanan mineral serta batu pasir selama jutaan tahun. Kemungkinan besar Ala Daghlar juga terbentuk karena alasan yang sama.