Ketum HPPMI Apresiasi Kinerja Ichsan Firdaus

Ekonomi057 views

Inionline.id – Sebelumnya Kementan dalam rapat bersama komisi IV DPR RI mentargetkan produksi pangan strategis tahun 2021.

Dalam pemaparan kepada Ketua Komisi IV DPR RI, Kementan tidak menurunkan target produksi sedikit pun. produksi padi 63,50 juta ton, jagung 26 juta ton, kedelai 48 ribu ton, dan daging sapi 463 ribu ton.

Sementara, dalam rancangan target produksi strategis 2021, Kementan menargetkan produksi bawang merah sebanyak 1,74 juta ton. Kemudian, cabai besar 1,45 juta ton, cabai rawit 1,57 juta ton, dan sebagainya.

“Target tersebut tidak diturunkan karena itu sudah menjadi kebutuhan nasional. Kalau itu turun maka akan bersoal dengan makanan rakyat 267 juta. Oleh karena itu apa pun dayanya.” Jelas Ketua Umum Himpunan Petani Milenial Indonesia (HPPMI) Aldi Supriyadi, Minggu (5/7/2020).

Saat ini, masalah pangan menjadi krusial. Apalagi ketika Organisasi Pangan Dunia atau Food Agriculture Organization (FAO) memprediksi krisis pangan dunia. “Kondisi krusial ini tidak bisa diselesaikan diatas meja atau hanya menghitung saja, tapi harus dilakukan secara kongkrit dengan terjun langsung ke kebun membina para petani,” ujar pria yang sebelumnya berprofesi sebagai Jurnalis itu.

Sosok yang akrab disapa, Aldi ini menambahkan, HPPMI menawarkan berbagai terobosan ketahanan pangan yang harus menjadi perhatian pemerintah. Menurutnya persoalan pengelolaan manajemen pangan perlu dilakukan inovasi.

Terutama dalam meng upgrade SDM . Kualitas SDM di sektor pertanian perlu dikelola secara modern dengan pola manajemen yg inovatif sehingga indikator capaian dilakukan secara terukur dan terarah bukan semata pendekatan proyek atau political anggaran semata.

“Harus ada political tehnologi dan manajemen SDM milenial dalam mendorong sektor pangan sebagai budaya lifestyle,” tuturnya sebagai bagian dari terobosan pertanian dari kalangan Millenial.

“Konsep yang saya tawarkan itu saat ini ditangkap oleh salah seorang Anggota Komisi IV DPR RI, Ichsan Firdaus. Selama ini beliau terjun langsung di ladang bersama para petani kecil dipelosok perkampungan . “Saya sangat apresiasi tekadnya untuk membangkitkan rasa percaya diri petani kita. Saya juga sangat berharap teman teman wakil rakyat dari tingkat daerah sampai pusat terjun langsung seperti beliau,” Tutup Aldi. (ALD)