Ketua Komisi II DPR RI Apresiasi Koordinasi Kemendagri Siapkan Pilkada Serentak 2020

Inionline.id–Medan– Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia mengapresiasi langkah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam melakukan koordinasi untuk memantapkan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020. Hal itu diungkapkannya usai menghadiri Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung di Hotel Aston Medan, Sumatera Utara, Jumat (03/07/2020).

“Saya kira kami dari Komisi II DPR RI sangat menyambut baik kegiatan atau agenda yang diinisiasi oleh Kemendagri dalam pelaksanaan rapat koordinasi di daerah-daerah,” kata Doli.

Menurutnya, langkah Kemendagri yang digawangi Mendagri Tito Karnavian untuk melakukan koordinasi pelaksanaan Pilkada ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah dalam menyelenggarakan pesta demokrasi di 270 daerah.

“Tadi saya tanya dengan Pak Mendagri selain Sumut, dalam seminggu ke depan Pak Mendagri ini akan hadir di beberapa provinsi yang lain. Jadi ini menunjukkan bahwa pemerintah dan kita semua sangat serius mempersiapkan Pilkada Serentak ini dengan protokol Covid-19 yang cukup ketat,” tuturnya.

Dengan gencarnya koordinasi yang dilakukan, pihaknya mengaku optimistis pelaksanaan Pilkada Serentak dapat berjalan dengan lancar dan aman dari Covid-19.

“Jadi kalau ada selama ini perdebatan apakah kita bisa melakukan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dalam situasi pandemi, ini kalau kita lihat dari pertemuan atau rapat koordinasi teknis ini kita optimis. Karena tadi kita mendengarkan pernyataan dari Pak Gubernur, dari KPUD, Bawaslu, semuanya menyatakan siap, jadi tidak ada lagi nanti hal-hal teknis yang menjadi alasan kalau kita tidak akan siap,” bebernya.

Kebijakan pelaksanaan Pilkada dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dinilainya dapat melindungi hak berdemokrasi masyarakat sekaligus menjamin keamanan warga negara. Meski demikian, pelaksanaan Pilkada tetap harus dikawal agar partisipasi masyarakat terjamin.

“Setelah ini PR-nya masih banyak, mudah-mudahan kita bisa melaksanakan Pilkada ini dengan cukup baik, baik itu pengertiannya adalah tingkat partisipasi cukup baik tinggi, masyarakat tetap sehat, kita semua selamat dari pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Red).

Sumber: Puspen Kemendagri