Donald Trump Membuat Geger Publik Usai Memilih Bermasker

Internasional157 views

Inionline.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mencuri perhatian publik saat berkunjung ke sebuah rumah sakit militer. Trump yang selama ini tak pernah mengenakan masker di depan umum, untuk pertama kalinya menggunakan kain penutup wajah itu.

Dilansir AFP, Minggu (12/7/2020) masker berwarna hitam tampak menutupi hidung dan mulut Trump saat dia berjalan di koridor rumah sakit militer Walter Reed. Trump dalam kunjungannya akan bertemu dengan veteran yang sedang menjalani perawatan.

Trump diketahui sebelumnya tidak pernah mengenakan masker di depan umum saat wabah virus Corona mengganas di Amerika Serikat. Dia menilai bahwa dirinya ‘tidak punya masalah’ dengan penggunaan masker. Dia juga meyakini bahwa virus Corona juga akan segera ‘menghilang’.

Kembali lagi ke kunjungan Trump ke rumah sakit militer, Trump mengatakan, ketika berbicara dengan orang yang baru saja menjalani perawatan di rumah sakit sangat bagus menggunakan masker. Dia menyebut penggunaan masker harusnya disesuaikan dengan waktu dan tempat.

“Saya pikir ketika Anda berada di rumah sakit terutama dalam keadaan tertentu, di mana Anda berbicara dengan banyak tentara, orang-orang yang dalam beberapa kasus baru saja turun dari meja operasi. Saya pikir itu bagus untuk memakai masker. Saya tidak pernah menentang masker tapi saya yakin mereka punya waktu dan tempat (untuk dikenakan),” kata Trump sebelum kunjungannya seperti dilansir CNN, Minggu (12/7).

Saat menyambangi rumah sakit itu, Trump dan stafnya berjalan mengenakan masker. Tidak ada kata yang dilontarkan Trump saat menelusuri lorong rumah sakit itu.

Keputusan Trump mengenakan masker itu turut ditanggapi oleh lawannya pada Pilpres AS. Pihak Joe Biden, calon Presiden AS, melalui Andrew Bates, mengungkapkan bahwa Trump telah ‘menyia-nyiakan’ empat untuk tidak mengenakan masker. Sedangkan Biden ‘telah memimpin dengan memberi contoh sejak awal.’

“Donald Trump menghabiskan berbulan-bulan mengabaikan nasihat para ahli medis dan mempolitisasi masker, salah satu hal paling penting yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus,” kata Bates pada Sabtu malam dalam sebuah pernyataan.

Sebelum melakukan kunjungannya itu, Trump sempat mengatakan bahwa dirinya akan menggunakan masker. Hal itu sampaikan Trump dalam wawancaranya dengan Fox News pada Kamis (9/7) lalu. ‘Saya mungkin mengenakan masker ketika pergi ke Walter Reed. Anda berada di rumah sakit, saya pikir ini sudah sesuai’.

Diketahui penggunaan masker di Amerika Serikat menjadi perdebatan publik. Mereka berpendapat bahwa hal itu melanggar kebebasan sipil.

Namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS meminta semua orang untuk menggunakan masker ‘kain penutup wajah ketika mereka harus keluar di tempat umum,’. Dia mengatakan bahwa masker sangat penting digunakan terutama di daerah yang sulit untuk menjaga jarak sosial. Dia juga menambahkan bahwa virus Corona dapat menyebar di antara orang yang tidak bergejala.