Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh ini 5 Bumbu Dapur yang Bisa Sangat Bermanfaat

Kesehatan357 views

Inionline.id – Menjaga tubuh tetap sehat merupakan hal yang penting di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Kondisi musim kemarau yang terjadi dan dingin saat ini juga membuat kita lebih rentan sakit.

Meningkatkan kekebalan tubuh merupakan hal yang penting dilakukan terutama untuk menjaga tubuh dari masuknya penyakit. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan hal utama untuk memperoleh manfaat ini.

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah melalui makanan. Beberapa makanan memiliki manfaat ekstra yang bisa melindungi serta memperkuat tubuh.

Manfaat ini juga bisa diperoleh dari sejumlah bumbu masak dan rempah-rempah yang kita gunakan sehari-hari. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah bumbu dapur yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit membuatnya memiliki efek antioksidan dan antimikrobial yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Kandungan ini membuat tubuh terhindar dari masalah pencernaan serta sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan.

Jahe

Jahe merupakan bumbu berkhasiat yang mampu melawan meriang, demam, serta memiliki kandungan anti virus yang juga bisa mengatasi hidung mampet. Bahan ini juga bisa mengatasi radang tenggorokan dan memiliki efek anti peradangan serta antioksidan.

Merica

Merica diketahui mampu menghentikan sinusitis dan hidung mampet. Kandungan yang ada di dalamnya bisa membantu memecah ingus dan lendir pada saluran pernapasan yang terinfeksi. Selain itu, merica juga memiliki kandungan antibakterial dan antiperadangan.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan stimulan daya tahan tubuh yang sangat efektif. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan antimikrobial dan anti jamur di dalamnya.

Serai

Serai bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Lebih lanjut, serai juga bisa digunakan untuk mengatasi demam dan badan panas serta infeksi perut dan saluran kencing.

Sejumlah bumbu dapur tersebut bisa memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, gunakan dengan tepat untuk meningkatkan kesehatan dan mengobati masalahmu. [