Berdiri di Depan Kompor Menyala Bisa Jadi Cara untuk Atasi Hipertensi

Kesehatan257 views

Inionline.id – Hipertensi merupaan sebuah masalah yang rentan dialami ketika tekanan darah seseorang lebih tinggi dari batas normal. Untuk mencegah masalah ini, seseorang perlu untuk menerapkan sejumlah gaya hidup sehat.

Namun sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa ternyata ada cara mudah untuk mencegah meningkatnya tekanan darah ini. Dilansir dari Medical Xpress, manfaat ini bisa diperoleh oleh mereka yang sering berada di dapur.

Diketahui bahwa paparan dari kompor gas bisa membantu menurunkan tekanan darah. Lebih lanjut, hal ini bahkan juga bisa menghilangkan dampak buruk kardiovaskular dari polusi udara.

Penelitian ini dilakukan di King’s College London, Inggris. Diketahui bahwa ketika seseorang berdiri di dekat kompor gas, tingkat nitrogen dioksida di udara meningkat hingga sepuluh kali lipat. Ketika dilakukan selama 45 menit, hal ini mampu menurunkan tekanan darah hingga 5 mm Hg.

Tekanan darah dari kandungan nitrit meningkat hingga 15 persen setelah 15 menit. Diketahui juga bahwa nitrit bisa dibuat ketika tubuh memproses nitrogen dioksida.

Manfaat menurunkan tekanan darah ini diketahui muncul pada jalur yang sama dengan nitrat pada makanan. Penelitian dilakukan terhadap 12 partisipan yang sehat.

Mereka diminta untuk duduk di depan kompor gas selama 90 menit dan diikuti 90 menit lagi di tempat dengan kadar nitrogen normal. Pada percobaan lain, partisipan terpapar nitrogen selama tiga jam.

Hasil temuan yang menarik ini tentu sangat menggembirakan. Walau begitu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran mengenai temuan ini.