by

Untuk Mengatasi Masalah Kekurangan Zat Besi, ini 4 Jenis Kacang yang Lezat dan Bermanfaat

Inionline.id – Zat besi merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan tubuh dalam memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk membantu metabolisme sejumlah fungsi tubuh, mengatur hormon, serta memberi nutrisi bagi perkembangan tubuh secara keseluruhan.

Masalah kekurangan zat besi ini lebih rentan dialami balita dibanding orang dewasa. Hal ini terjadi karena pada anak-anak terjadi sejumlah perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan mereka.

Masalah ini juga rentan dialami oleh ibu hamil. Wanita yang mengalami menstruasi, seseorang yang baru melakukan donor darah, atau memiliki masalah kesehatan juga rentan mengamali masalah ini.

Pada tahap awal, kekurangan zat besi ini sangat sulit untuk dikenali. Walau begitu terdapat sejumlah gejala yang mungkin muncul seperti kelelahan, menurunnya produktivitas, temperatur tubuh yang berubah-ubah, perkembangan kognitif yang lambat pada anak-anak, serta kekebalan tubuh yang buruk.

Konsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang kaya sangat penting untuk mencegah dan mengatasi masalah ini. Salah satu jenis makanan yang bisa membantu mengatasi masalah ini adalah kacang-kacangan.

Dari beragam jenis kacang, terdapat jenis-jenis tertentu yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah jenis kacang yang memiliki kandungan tinggi zat besi.

Pistachio

ilustrasi kacang pistachio

Dalam setiap 100 gram pistachio, terdapat kandungan zat besi sebesar 14 mg. Kacang ini juga mengandung sejumlah nutrisi seperti protein, kalsium, serta magnesium di dalamnya.

2 dari 4 halaman

Almonds

almond

Almonds merupakan jenis kacang lain yang sangat bernutrisi. Konsumsi satu ons almonds bisa memenuhi enam hingga sembilan persen kebutuhan zat besi harian.

Walnuts

walnut

Satu ons walnuts memiliki sekitar 0,82 miligram zat besi di dalamnya. Kacang ini juga sangat mudah diolah dan bisa dimasukkan pada pai, biskuit, maupun cake.

Mete

ilustrasi kacang mete

Satu ons kacang mete memiliki kandungan zat besi sebesar 1,89 miligram di dalamnya. Kandungan ini cukup tinggi dan menjadikan mete sebagai salah satu kacang yang sangat bernutrisi.

Sejumlah manfaat dan kandungan bernutrisi dan beragam jenis kacang tersebut tak bisa disepelekan. Oleh karena itu, kacang bisa jadi pilihan cemilan sehat untuk kamu konsumsi.