by

Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 KPU Godok Wacana Kampanye Online

Inionline.id – KPU tengah mempersiapkan skenario tahapan Pilkada 2020 dengan menyesuaikan protokol pencegahan Covid-19. Salah satu wacana yang muncul adalah kampanye secara online.

Komisioner KPU Viryan Azis menyebut pendekatan kampanye secara online dapat meminimalisir kampanye yang biasa dilakukan dengan pengumpulan massa.

“Jika dalam Peraturan KPU sebelumnya pendekatan online sebatas di media sosial maka kini dapat melingkupi aplikasi online lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/6).

Viryan menjelaskan kampanye online dapat memperluas cakupannya di seluruh media daring melingkupi iklan online, berita online, website, email dan sejenisnya.

“Termasuk juga mengoptimalkan fasilitas live streaming atau aplikasi meeting online seperti zoom, google meet dan lainnya,” terangnya.

Dia berharap dengan bergesernya model kampanye tatap muka dengan virtual ini dapat mencegah peningkatan angka penyebaran Covid-19. “Maka secara tak langsung akan dapat membantu mencegah potensi penularan covid-19,” ucapnya.

Faktor sosialisasi dan edukasi menjadi kunci sukses selanjutnya menerapkan kampanye online atau Pilkada secara keseluruhan. “Pola adaptasi menuju new normal dapat terbantu bila penerapan protokol Covid-19 di pilkada serentak bersesuaian dengan protokol Covid-19 pada aktifitas lain,” terang Viryan.

Selain itu, ia menyebut saat ini KPU tengah menggodok formulasi TPS yang bebas Covid-19. “Pilihan mengurangi jumlah pemilih per TPS agar konsentrasi massa tidak banyak dan lama di TPS menjadi pertimbangan,” tutup dia.