Pemerintah Italia Membuka Kemungkinan Laga-laga Serie A Dihadiri Penonton

Inionline.id – Pemerintah Italia membuka kemungkinan pertandingan Serie A musim ini dihadiri penonton. Itu jika kurva kasus COVID-19 terus membaik.

Serie A sempat mengalami penangguhan mulai 9 Maret lalu akibat ledakan kasus virus Corona. Setelah dibuat babak belur, Italia perlahan-lahan menyaksikan kurva kasusnya mulai melandai.

Dengan situasi yang membaik, Serie A pada prosesnya diputuskan akan kembali bergulir pada 20 Juni mendatang. Pertandingan bakal digelar secara tertutup untuk mencegah risiko penularan di dalam stadion.

Namun kini pemerintah Italia membuka kemungkinan bahwa tahap akhir Serie A musim ini bisa dihadiri sejumlah penonton. Sejumlah klub sebelumnya mempertanyakan kenapa stadion tak bisa dibuka sementara bioskop-bioskop dan teater-teater segera dibuka dengan aturan jaga jarak.

Pemerintah Italia merespons membuka peluang mengizinkan laga digelar dengan penonton, tergantung dinamika kasus. Jika terus membaik, mungkin saja sejumlah sektor tribune stadion dibuka.

Per Kamis (4/6/2020) pagi WIB ini, kasus baru COVID-19 di Italia berada di angka 321 kasus.

“Itu memungkinkan, kami bisa mendiskusikannya dengan komite teknis ilmiah, Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora, dan Menteri Kesehatan Roberto Speranza,” ungkap Wakil Menteri Kesehatan Alessandro Zampa kepada Radio Kiss Kiss, dikutip Football Italia.

“Statistik yang masuk akan sangat membantu dan sudah merupakan sinyal bagus ketika kita saat ini sedang menuju kebebasan bergerak secara penuh antar wilayah.”

“Kami akan mengevaluasi kurva pandeminya dan kalau itu benar-benar menurun, kita bisa membayangkan bahwa untuk tahap akhir di musim ini, dengan upaya dari seluruh klub, kita bisa memainkan laga-laga dengan pembukaan sebagian tribune.”

“Kalau kurvanya terus bergerak seperti sekarang ini (menurun), kita bisa benar-benar kembali ke kehidupan normal di negara ini,” imbuhnya.