Kunjungi Korban Banjir Rob di Karawang, Syaikhu: Pemda Harus Relokasi Warga

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Anggota DPR RI Ahmad Syaikhu mengunjungi korban banjir di Desa Cemara Jaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang, Sabtu, (6/6). Selain memberikan bantuan sembako untuk dapur umum, Politisi PKS itu juga meminta Pemkab Karawang segera merelokasi warga.

“Ini harus segera relokasinya. Warga sudah sering mengalami banjir rob semacam ini,” ujar Syaikhu.

Anggota Komisi V DPR RI itu berharap Pemkab Karawang cepat mengajukan usulan relokasi tersebut. Nantinya, Syaikhu akan memperjuangkan usulan Rumah Layak Huni tersebut di DPR kepada Kementerian PUPR.

“Ajukan segera. Komisi saya kebetulan bermitra dengan Kementerian PUPR. Insya Allah siap saya perjuangkan,” ungkap Syaikhu.

Dari dialog yang dilakukan dengan masyarakat, sebagian dari mereka sudah bersedia jika direlokasi yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang.

” Sebagian masyarakat sudah bersedia. Pemkab harus segera menindaklanjuti,” harap Syaikhu.

Dari hasil tinjauan di lapangan, Syaikhu melihat rumah-rumah tersebut memang tidak layak. Posisi sebagian rumah langsung berada di bibir pantai.

Selain relokasi, upaya lain yang harus dilakukan adalah dengan membuat pemecah gelombang, sehingga ombak tidak langsung menerjang rumah. Juga dengan menghidupkan hutan mangrove.

Dampak banjir rob ini memang besar. Ada 206 KK dan 489 jiwa yang terdampak, 83 rumah rusak berat, 53 rusak sedang, dan 45 rusak ringan.

Syaikhu mengunjungi warga yang menjadi korban bersama Ketua Fraksi PKS DPRD Karawang Dedi Sudrajat, Anggota Komisi IV DPRD Karawang Maman Suherman, dan Pengurus DPC PKS se-Dapil 3 (Cibuaya, Tirtajaya, Pedes, Pakis dan Tirtajaya), lurah dan aparatur pemerintahan setempat. Dalam kunjungan tersebut, Syaikhu memberikan bantuan sembako untuk keperluan dapur umum.

DPD PKS Kabupaten Karawang sejak awal sudah membuat dapur umum di lokasi pengungsian warga.

“Sampai tadi malam sudah lebih 700 nasi bungkus habis di dapur umum untuk warga terdampak Abrasi (ROB),” ujar Ketua DPD PKS Kabupaten Karawang Dedi Sudrajat.