Ini 5 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala Mengganggu Akibat Migrain

Kesehatan057 views

Inionline.id – Kondisi sakit kepala yang muncul akibat migrain merupakan hal yang bisa sangat menghambat aktivitasmu sehari-hari. Rasa sakit yang muncul ini bahkan bisa berujung masalah lain seperti mual, muntah, serta jadi sensitif terhadap cahaya.

Cara yang paling umum dilakukan untuk meredakan rasa pusing dan migrain ini adalah dengan menggunakan obat-obatan. Sayangnya, mengonsumsi obat ini bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti ngantuk, rasa lelah, detak jantung tak beraturan, mual, dan sulit untuk fokus.

Walau begitu, terdapat cara alami untuk menghilangkan rasa sakit ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara alami untuk meredakan sakit akibat migrain.

Minum Kopi

Minum kopi atau produk dengan kandungan kafein lainnya seperti teh dapat menjadi cara menghilangkan migrain. Konsumsi secepat mungkin ketika kamu baru merasa pusing untuk menghilangkan sakitnya.

Namun perhatikan juga kapan kamu mengonsumsi minuman ini. Usahakan jangan meminumnya selepas tengah hari karena dapat menimbulkan sulit tidur yang dapat memicu kembali munculnya rasa pusing ini.

Gunakan Kompres Dingin atau Panas

dingin atau panas

Menggunakan kompres dingin di bagian dahi atau kompres hangat di leher dan bagian belakang kepala dapat mengurangi rasa sakit dari migrain. Lakukan kompres ini selama 15 menit dan beristirahatlah selama 15 menit sebelum melakukannya lagi.

Hindari Mengikat Rambut dan Memakai Topi

Tekanan eksternal pada kulit kepala seperti ikatan kuncir yang terlalu ketat serta penggunaan topi dan headband dapat menjadi penyebab sakit kepala. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang melonggarkan rambut mereka cenderung mendapati bahwa sakit kepala mereka menghilang.

Hindari Mengunyah Makanan

makanan

Mengunyah merupakan salah satu penyebab dari munculnya sakit kepala. Mengunyah permen atau makanan yang renyah serta kebiasaan menggigit kuku, bibir, dan benda lainnya dapat memicu munculnya sakit kepala.

Hindari Cahaya Terang

Cahaya terang yang bersinar dapat menyebabkan munculnya migrain. Tutupi jendela dengan gorden berwarna gelap serta gunakan kacamata hitam ketika di luar ruangan untuk mengurangi rasa sakit.

Sejumlah cara alami tersebut bisa mengurangi rasa sakit akibat migrain dan menghindarkan munculnya pusing yang lebih parah. Namun ketika rasa pusing ini tak kunjung hilang, segera konsumsi obat dan berkonsultasi ke dokter.