by

Ini 3 Opsi Kelanjutan Kompetisi yang Disiapkan PSSI

Inionline.id – Ada tiga opsi yang disiapkan PSSI terkait kelanjutan kompetisi. Hal itu akan disampaikan ke klub Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020, Selasa (2/6/2020).

Opsi yang pertama adalah kompetisi liga dilanjutkan. Selanjutnya ada opsi kompetisi dihentikan dan diganti dengan turnamen. Opsi terakhir adalah memilih kompetisi dihentikan secara total.

“Kami akan meeting lagi dengan klub Liga 1 & Liga 2 untuk penjelasan sosialisasi tentang lanjutan kompetisi,” kata Yunus Nusi.

“Ketiga opsi-opsi nasib kompetisi yang disiapkan PSSI dan PT LIB itu membutuhkan tanggapan dari klub,” ujarnya menambahkan.

PSSI berjanji ini adalah rangkaian terakhir mendengar pendapat sebelum memutuskan nasib liga. Sebelumnya klub-klub Liga 1 dan Liga 2 sudah dimintai pendapatnya dalam kesempatan terpisah.

Keputusan nasib kompetisi akan dipastikan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Anggota Exco, A.S Sukawijaya alias Yoyok Sukawi janjikan rapat kepastian kompetisi akan segera digelar.

“Rapat Exco akan segera digelar. Kami masih perlu menghimpun aspirasi dari para klub Liga 1 dan Liga 2, mudah-mudahan pekan ini selesai,” kata Yoyok Sukawi.

Pada awalnya keputusan force majeure Liga 1 dan Liga 2 akan berakhir pada 29 Mei 2020 sesuai ketetapan status darurat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Rencana PSSI semula adalah kompetisi otomatis dihentikan jika status bencana BNPB tak dicabut setelah 29 Mei.

Namun ternyata status bencana nasional masih berlaku hingga saat ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 2020. Hal itu ditegaskan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 atau GTPPC19 yang mengeluarkan surat edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang status keadaan darurat bencana nonalam COVID-19 sebagai Bencana Nasional pada 27 Mei lalu.