by

Dibanding Gula Pasir Benarkah Gula Merah Memiliki Manfaat Lebih Sehat?

Inionline.id – Selama ini, gula merah merupakan jenis pemanis yang dianggap lebih sehat dibanding gula pasir. Oleh karena itu banyak orang yang memilih jenis gula ini dibanding gula pasir. Namun benarkah anggapan ini?

Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood Aldis Ruslialdi menjelaskan, gula merah maupun gula pasir kandungan kalorinya sama. Setiap satu sendok teh gula pasir dan gula merah mengandung 16 kalori, sedangkan gula merah 15 kalori. Kalori paling tinggi terdapat pada gula batu sebesar 25 kalori.

“Gula merah lebih sehat daripada gula pasir itu mitos ya. Dari sisi kalorinya hampir sama,” jelas Aldis saat sesi Training Class Nutrifood beberapa waktu lalu.

Dampak dari gula sendiri, lanjut Aldis terkait sindrom metabolik, yang mana terjadi gangguan kesehatan secara bersamaan. Asupan kalori yang tinggi pada jenis gula, seperti gula pasir dan gula merah berisiko diabetes.

“Yang berbahaya di sini ka asupan kalorinya. Jadi, sebenarnya sama aja sih impact-nya, mau gula merah dan gula pasir,” lanjut Aldis.

Batasi Asupan Gula

Aldis menambahkan, agar aman sebaiknya batasi asupan gula. Hal ini bertujuan agar kadar gula darah tetap stabil.

“Batasi asupan gula maksimal 50 gram atau setara 4 sendok makan gula per hari. Semua jenis gula yang dianggap lebih baik itu mengandung kalori yang hampir sama,” ujarnya.

“Tentu saja berbahaya bila dikonsumsi berlebihan, sehingga dapat meningkatkan gula darah dengan cepat,” sambungnya.

Berdasarkan data United States Department of Agriculture (USDA) perbandingan kalori gula per satu sendok teh di antaranya, gula pasir 16 kalori, gula batu 25 kalori, gula merah 15 kalori, gula halus 10 kalori, icing sugar 10 kalori, dan gula palma atau gula aren 10 kalori.

Gula Rendah Kalori

Untuk mengontrol gula darah, Aldis menyampaikan, kamu bisa mulai mengurangi takaran gula. Apalagi kalau suka makanan dan minuman yang manis.

“Kalau suka ngemil kue manis, sebaiknya ganti dengan ngemil buah-buahan. Selain itu, perbanyak minum air putih,” terangnya.

“Pengen mencegah kelebihan gula ya bisa menggantinya dengan gula rendah kalori. Gula rendah kalori juga enggak bikin gigi karies, dan bisa membantu mengendalikan berat badan,” sambungnya.

Aldis juga menyarankan untuk tak hanya mengurangi konsumsi gula saja supaya lebih sehat. Dia juga menyarankan untuk menerapkan pola makan seimbang dan olahraga teratur.