Dari Mengkonsumsi Buah Siwalan Terdapat 7 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Diperoleh

Kesehatan457 views

Inionline.id – Indonesia sebagai negara tropis menjadikan adanya sejumlah buah yang hanya tumbuh di wilayah ini. Salah satu buah yang hanya tumbuh di wilayah tropis dan bisa ditemui di daerah pesisir pantai adalah siwalan.

Buah ini memiliki rasa manis dan menyegarkan yang sangat khas. Selain dikonsumsi langsung sebagai buah, siwalan biasanya juga diolah menjadi minuman bernama legen.

Siwalan merupakan buah rendah kalori dengan kandungan 43 kalori setiap 100 gram, 11 gram karbohidrat, serta kaya dengan kalsium dan fitonutrisi. Buah ini juga mengandung serat, protein, zat besi, serta vitamin C, A, E, K, dan B7.

Sejumlah kandungan dari siwalan ini menjadikannya buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Dilansir Net Meds, berikut sejumlah manfaat luar biasa yang bisa diperoleh dari siwalan.

Mendinginkan Tubuh

Siwalan bisa membantu mendinginkan tubuh serta mengatur temperatur tubuh. Buah ini juga mampu menghilangkan rasa haus dan memberikan energi untuk tetap aktif menjalani hari.

Mencegah Dehidrasi dan Kelelahan

dan kelelahan

Siwalan memiliki kandungan sodium dan potassium di dalamnya. Kedua mineral ini bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di tubuh. Kandungan tersebut bisa sangat membantu mencegah dehidrasi dan kelelahan.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Siwalan merupakan obat alami untuk sejumlah masalah perut dan pencernaan. Buah ini bisa membantu mengatasi konstipasi serta melancarkan pencernaan. Siwalan juga membantu mengatasi mual dan sakit perut yang mungkin muncul selama kehamilan.

Menurunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung

kanker dan penyakit jantung

Kandungan fitokimia pada siwalan memberikannya kandungan antioksidan dan anti-peradangan. Kandungan ini bisa bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan serta risiko kanker dan penyakit jantung.

Mengatasi Masalah Kulit

Siwalan juga bisa membantu mangatasi munculnya masalah kulit yang kamu alami. Kamu bisa menempelkan potongan siwalan pada bagian kulit yang merasa gatal maupun mengalami ruam untuk meredakannya.

Meningkatkan Kesehatan Hati

hati

Siwalan memiliki kandungan potassium di dalamnya yang mampu membersihkan racun. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan kesehatan hati usai mengonsumsi siwalan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah siwalan memiliki kandungan rendah kalori yang rendah sehingga cukup ideal untuk menurunkan berat badan. Keberadaan air pada siwalan ini bisa membuatmu lebih kenyang dan menurunkan berat badan secara alami.

Hanya saja hati-hati ketika mengonsumsi siwalan. Pastikan buah yang kamu konsumsi tidak terlalu matang karena justru bisa menyebabkan masalah pada perut.