by

Bangun Rumah Impian Anda Dengan 8 Bahan Bangunan Murah Ini

Inionline.id – Saat Anda membangun rumah, biasanya semakin besar ukurannya maka semakin mahal anggaran yang dibutuhkan. Bukan hanya karena harga properti saja yang mahal melainkan bahan bangunan yang digunakan untuk membangun rumah tersebut juga bisa mahal.

Setiap orang yang membangun rumah tentu memiliki banyak hal yang harus dipertimbangkan. Seperti bahan bangunan apa yang ingin digunakan, apakah menggunakan kayu, batu bata, batu alam, beton atau bahan lainnya.

Bahan bangunan yang Anda gunakan akan menentukan seperti apa pertahanan usia rumah Anda kelak. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui alternatif bahan bangunan lain yang jauh lebih murah dari biasanya. Berikut adalah 8 bahan bangunan murah yang bisa Anda gunakan dalam membangun rumah impian.

Panel Prefabrikasi

Bangun Rumah Impian

Bahan bangunan panel prefabrikasi adalah salah satu pilihan bagi Anda yang ingin cepat membangun rumah impian. Panel Prefabrikasi dinilai memiliki harga yang terbilang cukup murah dengan sifat fleksibilitas yang bisa membantu Anda dalam menghemat biaya dalam membangun rumah. Selain itu, bahan bangunan ini lebih mengurangi limbah bahan bangunan sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat anggaran.

Beton

Bangun Rumah Impian

Siapa yang tidak kenal dengan bahan bangunan ini. Beton menjadi bahan bangunan yang cukup populer untuk membangun rumah. Material ini dinilai memiliki harga yang cukup murah namun memiliki daya tahan yang sangat kuat. Selain itu, membangun rumah dengan beton bisa lebih cepat dan memiliki banyak sekali keunggulan seperti daya tahan yang tinggi, peredam suara, dan masih banyak lagi lainnya.

Batu

Bangun Rumah Impian

Batu menjadi salah satu bahan bangunan yang terbilang cukup murah. Meski murah, rumah dengan bahan bangunan batu bisa menjadikan rumah Anda tampak indah. Anda bisa membangun rumah indah dengan harga murah dengan menggunakan batu. Selain itu bahan bangunan dari batu lebih tahan lama dan ramah lingkungan.

Kontainer Bekas

Bangun Rumah Impian

Kontainer bekas bisa Anda manfaatkan untuk membangun hunian atau rumah minimalis. Meski hanya berbahan dasar kontainer yang tidak terpakai, namun cara satu ini bisa membuat hunian Anda tampak cantik minimalis dengan menyesuaikan furniture yang sesuai dengan ukuran hunian.

Kayu

Bangun Rumah Impian

Bukan hanya sebagai bahan bangunan yang murah saja, namun kayu menjadi salah satu bahan bangunan yang sedang digemari saat ini. Pasalnya, kayu bisa menjadikan rumah Anda tampak unik dan bertahan lama. Selain itu, penggunaan bahan bangunan satu ini dinilai dapat menghemat biaya anggaran Anda dalam membagun rumah impian.

Lembaran Logam Bergelombang/Seng

Bangun Rumah Impian

Pernahkah Anda melihat lembaran seng? Mungkin sebagian dari Anda sering melihat benda ini dan biasa digunakan sebagai atap sebuah rumah. Namun, siapa sangka bahan satu ini bisa digunakan sebagai bahan bangunan rumah yang unik. Lembaran logam bergelombang atau seng ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang mau membangun rumah dengan anggaran yang murah.

Bambu

Bangun Rumah Impian

Bambu bisa Anda gunakan untuk membangun rumah impian dengan anggaran yang murah. Namun, sebelum Anda menggunakan bahan bangunan satu ini, pastikan lokasi hunian Anda merupakan daerah yang kondusif untuk membangun rumah dengan bambu. Karena bambu tidak cocok untuk iklim kering karena bisa menyusut atau retak jika tidak memiliki kelembaban udara yang cukup.

Bata Tradisional

Bangun Rumah Impian

Rumah yang terbuat dari bata dari dahulu sudah cukup popular karena mampu mempertahankan usia bangunan. Bata tradisional menjadi salah satu bahan bangunan yang murah yang kokoh dan tahan api. Namun, sayangnya rumah ini tidak tahan gempa.