Untuk Mempercepat Pengembangan Vaksin Corona Jerman Salurkan 750 Juta Euro

Internasional057 views

Inionline.id – Pemerintah Jerman hari Senin (11/5) menyepakati penyaluran dana 750 juta euro untuk mendukung pengembangan dan distribusi vaksin, kata Menteri Riset Anja Karliczek.

Sekitar 500 juta euro akan digunakan untuk memperluas kapasitas uji coba di Jerman, dan 250 juta euro untuk mengembangkan kapasitas produksi vaksin. Menteri Riset Jerman mengumumkan keputusan itu setelah rapat kabinet yang dipimpin Kanselir Angela Merkel.

“Segera setelah vaksin ditemukan dan lulus uji klinis, produksi harus bisa dimulai dengan cepat dan dalam skala besar, baik di sini di Jerman maupun di seluruh dunia,” kata Anja Karliczek. Dia menyebut pengembangan vaksin sebagai “kunci” untuk kembali ke kehidupan normal.

Uji klinis skala besar

Target utama penyaluran dana bantuan ini adalah untuk memungkinkan uji klinis dilakukan dengan jumlah besar peserta dari sejak awal, jelas Anja Karliczek. Tenaga medis atau pekerja kesehatan dan sektor penting lainnya dapat ikut serta dalam uji coba atas dasar sukarela, tambahnya.

Uji klinis obat baru biasanya dilakukan secara bertahap, dengan sedikit peserta pada tahap awal dan lambat laun diperluas. Namun menghadapi Covid-19, banyak pihak berharap vaksin bisa tersedia sesegera mungkin.

Jerman adalah salah satu dari sejumlah negara yang mendanai pengembangan dan uji klinis vaksin. Menurut Asosiasi Farmasi Berbasis Riset Jerman, VFA, saat ini ada 121 program pengembangan vaksin yang sedang dilakukan di seluruh dunia.